Aktivis Ungkap Nasib Miris Lumba-lumba yang Pernah Ditunggangi Lucinta Luna

Sui Suadnyana - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 20:38 WIB
Lumba-lumba
Foto ilustrasi lumba-lumba. (Getty Images/alexxx1981)
Denpasar -

Koalisi Anak Negeri untuk Lumba-lumba mengungkap kondisi lumba-lumba yang viral ditunggangi Lucinta Luna di Bali. Para aktivis mengungkap satwa itu kini ditempatkan di kolam yang kelebihan kapasitas dan dua ekor lumba-lumba hilang.

"Sayangnya, lokasi sementara ini kondisinya lebih parah," kata anggota Koalisi Anak Negeri untuk Lumba-Lumba, Pinneng Sulungbudi, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (29/11/2021).

Pinneng mengatakan lumba-lumba tidak direhabilitasi di laut, melainkan dipindahkan dari kandang laut milik Dolphin Lodge Bali ke kolam Bali Exotic Marine Park, yang hanya bisa menampung 10 satwa.

"Sebelumnya sudah ada lima lumba-lumba (yang ditampung di sana), ditambah tujuh ekor lagi. Kolamnya nggak akan layak nampung semuanya dong. Lebih parah lagi, dua ekor lumba-lumba di Bali Exotic Marine Park sekarang hilang," ungkap Pinneng.

Pinneng menjelaskan salah satu perwakilan dari Koalisi Anak Negeri untuk Lumba Lumba belum lama pergi ke Bali untuk melihat nasib lumba-lumba yang pernah viral karena dipakai seluncuran oleh Lucinta Luna. Lumba-lumba itu dititipkan oleh Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Bali di Bali Exotic Marine Park.

"Ketika sudah di sana, kami sedih melihatnya. Dari tiga kolam yang ada, lima lumba-lumba dari Bali Dolpin Lodge diletakkan dalam satu kolam yang sama dengan ukuran kecil dan dangkal," terangnya.

"Mereka juga terus-menerus terpapar matahari. Selain itu, kami menemukan kejanggalan, seharusnya ada tujuh lumba-lumba dari sana," sambung Pinneng.

Karena melihat kondisi tersebut, Koalisi Anak Negeri untuk Lumba-Lumba memulai petisi untuk membebaskan lumba-lumba sejak Mei 2021. Petisi itu kini sudah memiliki 75.000 tanda tangan.

Adapun petisi tersebut ditunjukkan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya; serta Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indra Exploitasia Semiawan.

Seperti diketahui, video Lucinta Luna yang berselancar dengan menunggangi lumba-lumba di Dolphin Lodge Bali milik PT Piayu Samudra Bali viral di media sosial (medsos) pada April lalu. Karena peristiwa itu, tujuh ekor lumba-lumba di lokasi itu dipindahkan sementara ke Bali Exotic Marine Park pada 27 April 2021.

Simak juga 'Permintaan Maaf Lucinta Luna soal Konten Tunggangi Lumba-lumba':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)