Video 20Detik

Video Heboh Lumba-lumba Dibonceng Naik Motor di Bima, Ternyata...

detikTV, detikTV - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 21:34 WIB
Bima -

Awalnya beredar video di media sosial soal lumba-lumba diangkut pakai motor oleh warga Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Videonya bisa ditonton di sini. Sejumlah instansi pemerintah terkait turun tangan mengecek.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut hewan yang diangkut pakai motor oleh warga Bima adalah paus kepala melon. Sama dengan lumba-lumba, paus kepala melon termasuk hewan dilindungi. Maka itu, KKP menyesalkan tindakan warga memotong dan mengonsumsi hewan tersebut.

"Paus merupakan salah satu biota laut dilindungi penuh oleh negara," kata Asisten Khusus Menteri KKP Bidang Hubungan Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto.

Video 2 pria membawa paus, berdasarkan pengecekan polisi, terjadi di perairan pantai Nu'i Panda, Bima, pada Jumat (10/9) sekitar pukul 10.00 Wita. Paus malang tersebut diketahui terpisah dari kawanan, terdampar dalam kondisi mati.

Dua warga mengangkut paus pakai motor, kemudian memotong dan membagikan dagingnya ke warga lain. Warga tak tahu paus termasuk hewan dilindungi.

"Saya sudah telepon warga yang membawa ikan itu. Dari pengakuannya, dia tidak tahu bahwa ikan itu jenis yang dilindungi, sehingga dibawa pulang untuk dimakan," kata Pengelola Ekosistem Laut dan Pesisir (PELP) BPSPL Denpasar Wilayah Kerja NTB, Barmawi.

(trw/trw)