Tim Ahli Komnas HAM Sebut Ada Pembiaran di Kasus Pelecehan Pegawai KPI

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 19:00 WIB
Tim ahli Komnas HAM dalam kasus pelecehan pegawai KPI, Zoya Amirin (Nahda RU/detikcom)
Tim ahli Komnas HAM dalam kasus pelecehan pegawai KPI, Zoya Amirin (Nahda RU/detikcom)
Jakarta -

Tim ahli Komnas HAM dalam kasus pelecehan pegawai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Zoya Amirin, menyebut ada pembiaran dalam kasus pelecehan yang dialami MS. Sebab, Zoya melihat ada intimidasi yang dilakukan rekan-rekan kerja MS.

"Sementara mereka sendiri ada budaya pembiaran, misalnya waktu dirilis pertama MS adalah ada kondisi yang mengatakan ketika masuk dibilang 'welcome to the jungle'. Apa artinya? Oh ada yang berkuasa, ada raja-raja kecil di segmen tertentu," kata Zoya di kantor Komnas HAM, Senin (29/11/2021).

"Nggak usah satu perusahaan, satu lantai saja kala begitu banyak ada yang mengintimidasi berarti kan ada pembiaran," sambungnya.

Zoya, yang juga psikolog, mengatakan kasus yang dialami MS ini tidak langsung disikapi KPI. Dia menyinggung soal nilai moral yang sering menjadi perhatian KPI dalam menyikapi penyiaran.

"Masa sih segitu butanya? Kalau misalnya lebih banyak yang takut dan tidak langsung disikapi, benar-benar KPI nggak sejalan dengan moral yang mereka tampilkan dan moral yang diberikan pada pekerjanya sendiri," jelas Zoya.

Menurut Zoya, seharusnya kondisi moral yang ada di dalam lingkungan KPI sejalan dengan apa yang mereka kerjakan sebagai bagian dari tugas KPI, yaitu mengawasi setiap tayangan.

"Salah satu bagiannya dengan menampilkan tayangan-tayangan bermoral, harusnya sejalan dengan kondisi moral yang ada di dalam. Karena ini sebagian besar pelaku itu adalah orang yang incharge di visual," imbuh Zoya.

Zoya juga mempertanyakan batasan-batasan pelecehan seksual menurut terduga pelaku. Menurut Zoya, dengan waktu yang selama ini, ada pembiaran dalam kasus pelecehan yang dialami MS.

"Kalau ini bercanda, pertanyaan saya, batasan pelecehan seksual di kantor mereka kayak apa sih?" tanya Zoya.

"Menurut saya, ada pembiaran, nggak mungkin selama ini gitu ya karena dia kan menghindar mencari aman," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Polres Jakpus soal Panggilan Komnas HAM di Kasus KPI: Masih Fokus Penyidikan':

[Gambas:Video 20detik]