1 Desember Memperingati Hari Apa: Simak Penjelasannya di Sini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 18:48 WIB
1 Desember memperingati hari apa? Pertanyaan ini muncul seiring dengan bulan November yang hendak berakhir. Bagaimana serba-serbinya?
1 Desember Memperingati Hari Apa: Simak Penjelasannya di Sini Foto: Getty Images/iStockphoto/burakkarademir

1 Desember Memperingati Hari Apa: Kenali Tanda dan Gejala HIV

Informasi lain terkait 1 Desember memperingati hari apa yakni gejala HIV/AIDS. Sebenarnya, gejala penyakit HIV/AIDS bergantung pada tingkat keparahan infeksi. Artinya, semakin parah infeksinya, gejala yang ditunjukkan pun kian jelas. Misalnya seperti pembengkakan kelenjer getah bening, berat badan turun, demam, diare hingga batuk.

Umumnya, penderita HIV/AIDS yang tidak mendapat pengobatan secara serius kemungkian besar bisa terserang penyakit lain. Misalnya Tuberkulosis (TB), meningitis kriptokokus, infeksi bakteri parah dan kanker seperti limfoma juga sarkoma kaposi.

1 Desember Memperingati Hari Apa: Bagaimana Penularan Penyakit HIV/AIDS?

Jawaban 1 Desember memperingati hari apa hingga tema tahun ini sudah dibahas. Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah bagaimana penularan penyakit HIV/AIDS?

Penyebaran HIV/AIDS dapat ditularkan melalui pertukaran berbagai cairan tubuh dari pasien yang terinfeksi. Misalnya dari darah, ASI, air mani dan cairan vagina.

Bahkan, selama hamil hingga proses persalinan, sang ibu bisa menularkan penyakit ini kepada anaknya. Oleh sebabnya, penting untuk menghindari kontak langsung dengan orang yang mengidap penyakit HIV/AIDS agar tidak menularkan ke orang lain.


(azl/imk)