Buruh Tiba di Patung Kuda, Lalin Arah Istana Ditutup Kawat Berduri

Wildan Noviansyah - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 15:36 WIB
Jakarta -

Massa serikat buruh yang hendak menggelar unjuk rasa tiba di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Polisi menutup akses lalu lintas Jalan Merdeka Barat menuju arah Istana Merdeka.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (29/11/2021), massa tiba pada pukul 14.48. Lagu 'Indonesia Raya' terdengar dari arah komando yang dikawal massa.

Peserta unjuk rasa membawa berbagai atribut mulai dari bendera hingga spanduk yang salah satunya bertulisan 'Indonesia Darurat Upah'.

Sebelumnya, massa buruh juga sempat menggelar demonstrasi di Balai Kota. Mereka meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencabut Surat Keputusan (SK) Upah Minimum Provinsi (UMP) 2020.

Di sekitar lokasi unjuk rasa terpasang kawat berduri. Sejumlah petugas kepolisian tampak bersiaga.

Terlihat dua kendaraan taktis (rantis) kepolisian terparkir. Untuk mencegah massa buruh ke arah ke Istana Negara, Jalan Merdeka Barat ditutup.

Imbas penutupan, kendaraan dari arah Jalan MH Thamrin arah Monas dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan.

"Kita mendesak Presiden Jokowi untuk menerbitkan Keputusan Presiden tentang upah layak tahun 2022," kata seorang orator dari mobil komando.

Aksi demo buruh terkait upah minimum di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (29/11/2021).Aksi demo buruh terkait upah minimum di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (29/11/2021). (Wildan Noviansah/detikcom)

(aud/aud)