PDIP Tunggu Timing Tepat soal Koalisi dengan Gerindra di 2024

Eva Safitri - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 13:28 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Kadek/detikcom)

Sebelumnya, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani berbicara keinginannya berkoalisi dengan PDIP. Dia mengatakan Indonesia merupakan negara besar yang tidak bisa dijangkau hanya satu kekuatan. Hal itulah, menurut Muzani, menunjukkan perlunya kerja sama untuk menyatukan kekuatan. Dia menyebut Gerindra dan PDIP merupakan kekuatan yang besar.

"Secara geografis Indonesia adalah negara besar dengan jumlah penduduk sebesar 270 juta dan sekitar 17 ribu pulau, tidak mungkin satu kekuatan bisa menjangkau seluruhnya. Itu lah yang menyebabkan semua kekuatan politik harus bekerja sama membangun masa depan Indonesia dan menyatukan diri dalam satu kekuatan. PDIP dan Gerindra adalah kekuatan besar," kata Muzani di Semarang, Minggu (28/11).

Muzani lantas mengatakan cita-cita Gerindra yang belum terwujud ialah menjadikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai presiden. Muzani lalu menyampaikan harapannya dapat bekerja sama dengan PDIP untuk maksud tersebut.

"Kita sama-sama bercita-cita membangun Indonesia dan kita sama-sama membela kepentingan rakyat. Kenapa kita tidak bekerja sama untuk mencapai tujuan itu. Untuk apa kita pengkerengan yang membuat kegaduhan, padahal kita bisa bekerja sama," ujar Wakil Ketua MPR itu.


(eva/gbr)