Foto Bareng Puan Jadi Bukti Fadli Zon Ditegur Bukan karena Sindir Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 10:56 WIB
CEO Cyrus Network Hasan Nasbi Batupahat
Founder Cyrus Network, Hasan Nasbi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR Fraksi Gerindra, Fadli Zon, aktif kembali di Twitter setelah kena tegur ketumnya, Prabowo Subianto, dengan mengunggah foto bareng Ketua DPR Puan Maharani. Foto Fadli Zon bareng Puan Maharani disebut sebagai bukti kuat bahwa Fadli Zon ditegur bukan karena menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Untuk diketahui, Fadli Zon ditegur Prabowo setelah menyindir Presiden Jokowi kapan ke Sintang, Kalimantan Barat, yang dilanda banjir berminggu-minggu. Namun, founder Cyrus Network, Hasan Nasbi, menduga Fadli Zon ditegur karena dua hal, yaitu cuitan deforestasi dan sindiran ke Puan Maharani. Nah, foto Fadli Zon dengan Puan Maharani yang terbaru disebut Hasan Nasbi menguatkan dugaan mantan pimpinan DPR RI itu ditegur bukan karena Jokowi.

"Ya itu menunjukkan bahwa memang Bang Fadli tidak kena tegur karena mengkritik pemerintah secara umum, atau mengkritik Jokowi. Jadi bukan karena persoalan banjir Sintang seperti yang saya sebutkan. Sebab sebelumnya kritik-kritik Bang Fadli juga jauh lebih pedas," kata Hasan Nasbi kepada wartawan, Senin (29/11/2021).

Fadli Zon sendiri memang langsung mengkritik pemerintah setelah kembali aktif di Twitter. Salah satu yang disoroti Fadli Zon adalah putusan MK tentang UU Cipta Kerja.

"Setelah kemunculan kembali Bang Fadli di Twitter langsung ngegas lagi kan, ngegas Pak Jokowi soal putusan MK tentang UU Cipta Kerja," ujar Hasan Nasbi.

Foto bareng Puan Maharani, disebut Hasan, merupakan upaya Fadli Zon menunjukkan hubungan yang kembali baik dengan Puan Maharani. Hasan Nasbi menyebut Gerindra ingin menjaga hubungan baik dengan PDIP.

"Kemunculan kembali Bang Fadli di media sosial dengan diawali foto bersama Bu Puan, mau menunjukkan bahwa semua sudah kembali baik. Bang Fadli sudah menerima teguran dengan lapang dada dan melaksanakan perintah dari Pak Prabowo untuk tidak lagi merusak hubungan baik dengan Bu Puan dan PDIP," katanya.

"Secara simbolik ditunjukkan dengan foto bersama dalam kegiatan internasional DPR RI," imbuh Hasan Nasbi.

Diketahui, dua pekan Fadli Zon menonaktifkan mode 'menyerang' setelah ditegur Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Tak lagi mode menyerang, Fadli Zon kini mengaktifkan mode 'bersama Puan'.

Melalui akun Twitter pribadinya, @fadlizon, seperti dilihat detikcom, Minggu (28/11), Fadli memposting foto bersama Ketua DPR RI Puan Maharani. Fadli bersama Puan menghadiri Sidang Inter Parliamentary Union (IPU) ke-143 di Madrid, Spanyol.

Hanya sebuah foto yang diunggah Fadli. Dalam foto tersebut, terlihat pula politisi PDI Perjuangan (PDIP) Charles Honoris.

Puan terlihat diapit oleh Fadli dan Charles. Ketiganya kompak mengenakan setelan jas dan mengenakan masker. Warna masker yang mereka kenakan tampak serasi. Fadli dan Charles memakai masker warna hitam, sedangkan Puan warna putih.

"Indonesian Delegation with Speaker @DPR_RI @puanmaharani_ri #IPU143," tulis Fadli Zon.

Lihat video 'Fadli Zon Ditegur Prabowo Karena Singgung Puan-Deforestasi?':

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/tor)