Pendiri KedaiKOPI Sebut Fadli Zon Ingin Terlihat Mesra dengan Puan Maharani

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 06:16 WIB
Fadli Zon bersama Ketua DPR RI Puan Maharani di IPU ke-143, Madrid, Spanyol.
Foto: Fadli Zon bersama Ketua DPR RI Puan Maharani di IPU ke-143, Madrid, Spanyol. (dok. Twitter @fadlizon)
Jakarta -

Mengunggah Foto Bareng politikus PDI Perjuangan (PDIP) Puan Mahariani, politikus Gerindra Fadli Zon dinilai ingin beri sinyal mesra dengan Puan. Karena sebelumnya, Fadli sempat menyindir Puan karena menanam padi saat hujan.

"Artinya, dia dan Puan baik-baik saja. Ini hanya untuk menunjukkan ada sinyal kemesraan di antara sesama ketua (Ketua DPR Puan) dan anggota dewan," kata pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI, Henderi Satrio, saat dihubungi, Minggu (28/11/2021).

Kemudian, menurut Hendri, Fadli tidak benar-benar anti pemerintah. Malah, Fadli dinilai berdamai dengan pemerintah.

"Dari dulu, Fadli Zon berdamai dengan pemerintah. Tapi Fadli memang kritik kan pada saat wajar-wajar saja. Kayak, UU Cipta Kerja ini. Masa wakil rakyat diam saja, berarti harus ada perbaikan," kata Hendri.

Menurut Hendri, jika Fadli tidak berdamai dengan pemerintah, maka dia telah meninggalkan Partai Gerindra. Karena, Partai Gerindra merupakan partai yang bergabung dengan koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kalau tidak berdamai dengan pemerintah, dia protes dong Gerindra masuk koalisi pemerintah dengan keluar dari Gerindra. Kan nggak," katanya.

Namun memang, diantara tokoh-tokoh lain, Fadli memiliki tindakan yang berbeda di sesama pendukung pemerintah. "Hanya memang caranya berbeda dengan anggota DPR dari koalisi lainnya," katanya.

Diketahui, dua pekan Fadli Zon menonaktifkan mode 'menyerang' setelah ditegur Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Tak lagi mode menyerang, Fadli Zon kini mengaktifkan mode 'bersama Puan'.

Melalui akun Twitter pribadinya, @fadlizon, seperti dilihat detikcom, Minggu (28/11/2021), Fadli memposting foto bersama Ketua DPR RI Puan Maharani. Fadli bersama Puan menghadiri Sidang Inter Parliamentary Union (IPU) ke-143 di Madrid, Spanyol.

Hanya sebuah foto yang diunggah Fadli. Dalam foto tersebut, terlihat pula politisi PDI Perjuangan (PDIP) Charles Honoris.

Puan terlihat diapit oleh Fadli dan Charles. Ketiganya kompak mengenakan setelan jas dan mengenakan masker.

Warna masker yang mereka kenakan tampak serasi. Fadli dan Charles memakai masker warna hitam, sedangkan Puan warna putih.

"Indonesian Delegation with Speaker @DPR_RI @puanmaharani_ri #IPU143," tulis Fadli Zon.

Lihat juga video 'Dua Pekan Menghilang, Fadli Zon Ternyata di Madrid':

[Gambas:Video 20detik]