HAPSI Minta LaNyalla Beri Sambutan di Konferensi Pemuda Asia-Afrika

Erika Dyah - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 20:36 WIB
Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti
Foto: DPD
Jakarta -

Himpunan Artis Pengusaha Seluruh Indonesia (HAPSI) meminta kesediaan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti untuk memberikan sambutan pada pertemuan Pemuda Asia-Afrika dan menjadi Dewan Pembina HAPSI. Diketahui, kedua permintaan ini disanggupi oleh LaNyalla.

Permintaan ini disampaikan oleh pengurus DPP HAPSI saat menemui LaNyalla di Rumah Dinas Ketua DPD RI, Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum HAPSI, Yuma Shannelom juga mengungkap pertemuan Pemuda Asia-Afrika yang akan digelar di Bandung, Jawa Barat 16-19 Desember 2021 ini telah menerima konfirmasi kehadiran dari 23 negara.

"Kami mengundang Pak LaNyalla untuk hadir pada pertemuan Pemuda Asia-Afrika. Kami juga meminta Bapak menjadi Ketua Dewan Pembina kami. Kami berharap Pak LaNyalla berkenan menjadi Ketua Dewan Pembina kami dan bersedia memberikan sambutan," ujar Yuma dalam keterangan tertulis, Minggu (28/11/2021).

Yuma menjelaskan, HAPSI baru-baru ini telah menggelar Rapat Kerja (Raker) guna merumuskan sejumlah program. Salah satunya, menggelar fashion show pada acara pertemuan Pemuda Asia-Afrika bulan depan. Selain itu, lanjut Yuma, pihaknya juga akan menggelar festival film untuk menggali potensi masyarakat di daerah.

"Ini adalah Raker pertama setelah empat tahun HAPSI berdiri. Program jangka pendek dan jangka panjang telah kami rumuskan," ungkapnya.

Wakil Ketua Umum HAPSI, Shanker RS menambahkan dalam kegiatan tersebut akan dilombakan film televisi dengan menggunakan bahasa daerah.

"Ini adalah upaya kami untuk memberikan ruang berkreasi bagi potensi hebat yang berada di daerah. Nantinya film ini akan diputar di televisi. Ini upaya untuk melestarikan adat dan budaya Indonesia," papar Shanker.

Pada kesempatan yang sama, LaNyalla pun menyatakan kesiapannya untuk memberikan sambutan di hadapan para pemuda dari berbagai negara di ajang Pemuda Asia-Afrika serta menyanggupi permintaan untuk menjadi Ketua Dewan Pembina HAPSI.

LaNyalla menuturkan pemuda memiliki peranan yang cukup penting dalam menentukan arah perjalanan bangsa di era mendatang. Sebagai generasi penerus, LaNyalla menilai pemuda memiliki peran sentral dalam mengisi pembangunan bangsa.

"Oleh karenanya, pemuda harus mengambil peran dan sikap dalam mengoreksi arah perjalanan bangsa. Sebab, di tangan pemuda-lah bangsa ini akan ditentukan kelak," tuturnya.

Senator asal Jawa Timur ini pun menggugah kesadaran anak muda untuk ikut berpartisipasi mengontrol arah perjalanan bangsa yang dianggapnya sudah melenceng dari cita-cita para pendiri bangsa.

"Untuk itu, anak-anak muda harus berani mengambil sikap meluruskan kembali arah kapal besar kita yang bernama Indonesia," ajak LaNyalla.

Adapun salah satu langkah yang bisa dilakukan menurut LaNyalla ialah ikut mengawal rencana amandemen ke-5 konstitusi yang tengah didorong oleh DPD RI.

"Tentu agar arah bangsa ini sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa, sehingga tujuan hakiki dari lahirnya bangsa ini, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dapat terwujud," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam pertemuan ini LaNyalla turut didampingi oleh Wakil Ketua Komite II DPD RI Bustami Zainuddin. Sementara itu, perwakilan HAPSI yang hadir antara lain Ketua Umum Yuma Shannelom, Sekjen Mark Sungkar, Bendahara Umum Ida Leman, Wakil Ketua Umum Shanker RS dan Leily Sagita.

(fhs/ega)