Hitamnya Hitam

Sosok Ted Bundy: Pembunuh Berantai yang Belajar Psikologi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 15:39 WIB
Ted Bundy semasa muda (CNN)
Foto: Ted Bundy semasa muda (CNN)
Jakarta -

Theodore Robert Bundy alias Ted Bundy adalah salah satu pembunuh berantai paling unik di dunia. Ia dinyatakan sebagai seorang psikopat, tetapi ia juga pernah belajar psikologi dan pernah menjadi mahasiswa teladan.

Dikutip dari Murderpedia, Jumat (26/11/2021) Pada tahun 1965, Ted Bundy lulus dari Woodrow Wilson High. Ia mendapat beasiswa untuk berkuliah di University of Puget Sound (UPS). Ia mengambil kursus psikologi dan studi Oriental. Setelah dua semester di UPS, ia memutuskan untuk pindah ke Universitas Washington (UW) di Seattle.

Saat menjadi mahasiswa, Bundy bekerja sebagai pembuat kantong belanjaan di toko Seattle Safeway di Queen Anne Hill, serta pekerjaan sampingan lainnya.

Sebagai bagian dari program studinya di bidang psikologi, ia kemudian bekerja sebagai sukarelawan shift malam di Suicide Hot Line Seattle, pusat layanan pencegahan bunuh diri yang melayani wilayah metropolitan dan pinggiran kota Seattle. Di sana, ia bertemu dan bekerja bersama mantan polisi wanita Seattle dan penulis artikel kriminal Ann Rule--yang kemudian menulis biografi Bundy dan kejahatannya, The Stranger Beside Me.

Dia memulai berpacaran dengan seorang wanita bernama Stephanie Brooks (nama samaran), yang dia temui saat mendaftar di UW pada tahun 1967. Setelah kelulusannya tahun 1968 dan kembali ke rumah keluarganya di California, dia mengakhiri hubungan.

Pada tahun 1968, ia mengelola kantor kampanye Presiden Nelson Rockefeller di Seattle dan menghadiri konvensi Partai Republik 1968 di Miami, Florida sebagai pendukung Rockefeller. Dia mendaftar ulang di UW, kali ini ia memilih jurusan psikologi.

Bundy menjadi siswa teladan dan disukai oleh para profesornya. Bundy lulus pada tahun 1972 dari UW dengan gelar di bidang psikologi.

Segera setelah itu, ia kembali bekerja untuk Partai Republik negara bagian. Ia berhubungan dekat dengan Gubernur Daniel J. Evans.

Pada musim gugur tahun 1973, Bundy mendaftar di sekolah hukum di Universitas Utah, tetapi dia memperoleh hasil yang buruk. Dia mulai bolos kelas, akhirnya putus sekolah pada musim semi 1974.

Perubahan pada diri Bundy terjadi usai ia putus dengan salah seorang pacarnya pada tahun 1974.

Simak juga 'Pembunuh Wanita Muda di Kulon Progo Divonis 11 Tahun Bui':

[Gambas:Video 20detik]