Putri Tanjung Diangkat Jadi Dewan Kehormatan ICCN

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 12:35 WIB
Putri Tanjung Diangkat Jadi Dewan Kehormatan ICCN
Putri Tanjung Diangkat Jadi Dewan Kehormatan ICCN (Foto: Dok Istimewa)
Jakarta -

Staf Khusus Presiden Putri Tanjung dikukuhkan sebagai Dewan Kehormatan Indonesia Creative Cities Network (ICCN). Putri Tanjung dinilai konsisten mendukung berkembangnya UMKM kreatif.

Pengukuhan ini dilakukan di depan ratusan pelaku industri kreatif, dan beberapa kepala daerah yang hadir di sela sela acara Indonesia Creative Cities Conference di Pekanbaru, Riau, Sabtu (27/11/2021). Ketua Umum ICCN Fiki Satari memuji komitmen dan kontribusi Putri Tanjung di sektor UMKM kreatif di Tanah Air.

"Putri ini Punya komitmen luar biasa terhadap pengembangan UMKM Indonesia berbasiskan ekonomi kreatif, mau diskusi, humble, rajin blusukan, orangnya inklusif dan sudah dipercaya Presiden sebagai staf khusus presiden," ujar Fiki ketika memberi pengantar kepada peserta konferensi yang hadir seperti dalam keterangan tertulis.

Menurut Fiki, Putri dipilih menjadi bagian dari dewan kehormatan melalui diskusi dan kesepakatan dari komunitas yang tergabung dalam 211 simpul jejaring kreatif se-Indonesia.

"Ini bukan hanya dari saya tapi kesepakatan kami semua komunitas kreatif dari seluruh Indonesia," lanjut Fiki.

Putri Tanjung Diangkat Jadi Dewan Kehormatan ICCNPutri Tanjung Diangkat Jadi Dewan Kehormatan ICCN (Foto: Dok Istimewa)

Putri Tanjung sendiri akan menjadi salah satu dari deretan nama besar yang duduk di Dewan Kehormatan ICCN. Mereka antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Mantan Kepala Bekraf Triawan Munaf.

Mendapatkan gelar Dewan Kehormatan ICCN, Putri Tanjung sendiri menganggap ini merupakan sebuah kehormatan dan tanggung jawab lebih untuk terus memajukan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Merupakan suatu kehormatan bisa bergabung bersama orang - orang hebat seperti pak Erick Thohir, Pak Triawan Munaf, Kang Ridwan Kamil dll dalam Dewan Kehormatan. Ini tentu aku anggap sebagai tanggung jawab untuk terus mendukung berkembangnya kreatifitas para pelaku usaha dan komunitas kreatif di Indonesia. Senang bisa bersama bergandengan menjadi bagian dari gerakan kemajuan industri kreatif Indonesia, " tutur Putri.

Kiprah Putri Tanjung di industri kreatif memang terbilang cukup panjang. Sejak 2014 lewat Creativepreneur Corner, Putri berkeliling Indonesia membuat event kreatif untuk mengajak anak muda Indonesia untuk menjadi wirausaha.

Hingga kini, sudah lebih dari 3,7 Juta anak muda Indonesia yang mengikuti rangkaian acara ini. Selain itu pada 2020 lalu bersama Kementerian Koperasi dan UKM, dia menggagas program Pahlawan Digital UMKM. Program ini bertujuan agar lebih banyak lagi inovator digital yang membantu UMKM Go Digital, serta memberi solusi bagi berbagai permasalahan UMKM kita.

Putri juga menginisiasi banyak program lain untuk membantu para pelaku UMKM kreatif terutama perempuan. Salah satunya lewat program Elevate Women, di mana Putri membantu womenpreneur di industri kreatif untuk mendapatkan akses pendanaan.

Seperti diketahui, Indonesia Creative Cities Network (ICCN) atau Jejaring Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia adalah simpul organisasi yang berkomitmen untuk mewujudkan 10 Prinsip Kota Kreatif. Kini dalam ICCN telah tergabung 211 inisiatif kota/kabupaten di bawah koordinasi 11 Koordinator Daerah yang tergabung dalam Pengurus Pusat ICCN.

Simak juga 'Momen Putri Tanjung Tebar Inspirasi Bisnis ke Pemuda Banyuwangi':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/gbr)