Komitmen Panglima TNI Tindak Anggota yang Terlibat Cekcok Anggiat Vs Arteria

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 21:35 WIB
Marsekal Hadi Tjahjanto resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa. Acara berlangsung dalam upacara sertijab di Mabes TNI, Jakarta Timur.
Foto: Panglima TNi Jenderal Andika Perkasa (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berkomitmen akan menindak tegas anggotanya jika ada yang terbukti terlibat dalam cekcok antara Anggiat Pasaribu dengan anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan. Andika tak segan-segan untuk memproses hukum anggotanya.

Hal itu disampaikan Andika saat tiba di Bali untuk mengecek persiapan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Jumat (27/11). Menurut Andika seluruh prajurit TNI harus patuh dan taat hukum.

"Oh pasti (ditindak jika ada anggota yang terlibat), karena memang harus. Kita harus patuh pada hukum, tindakan yang berlebih atau yang melanggar hukum dari anggota TNI pasti kita akan tindak tegas, bahkan mungkin proses hukum," kata Andika.

Andika mengatakan pihaknya juga proaktif menelusuri ada tidaknya anggota TNI yang terlibat dalam peristiwa cekcok tersebut. Namun sampai saat ini laporan yang diterima bahwa yang terlibat dalam peristiwa tersebut bukan bagian dari anggotanya.

Andika Tunggu Laporan Anggota

Meski demikian, Andika menuturkan pihaknya masih menunggu laporan lebih lanjut.

"Nah (karena yang cekcok bukan TNI) sehingga kami menunggu, tetapi kami cukup proaktif dalam rangka menunggu siapa tahu ada laporan tentang keterlibatan anggota TNI," jelasnya.

Andika menyampaikan sampai saat ini, proses sudah ke ranah hukum, dalam hal ini peradilan umum. Meskipun belum final, pihaknya belum juga mendapatkan laporan adanya keterlibatan anggota TNI.

"Kami siap sebetulnya apabila memang ada keluhan atau laporan tentang keterlibatan anggota TNI. Kebetulan sampai dengan saat ini kami masih menunggu karena memang masih belum ada yang dilaporkan," ujarnya.

Danpuspom TNI Turun Tangan

Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Laksamana Muda TNI Nazali Lempo juga sudah turun tangan dan memastikan tidak ada intervensi dalam proses penyelidikan kasus ini. Dia mengatakan Jenderal Andika pun telah merespons cepat, oleh arena itu, dia datang ke Polres Bandara Soetta untuk melihat proses hukumnya.