detikcom Do Your Magic

Soleh Solihun Sempat Keluhkan Drainase Vertikal, Ini Kata Sudin SDA Jaksel

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 15:49 WIB
Para pekerja menurunkan gorong-gorong sumur resapan di halaman SMPN 43 Mampang Prapatan, Jakarta, Kamis (10/6/2021).
Ilustrasi pembuatan sumur resapan (Ari Saputra/detik.com)
Jakarta -

Komika Soleh Solihun sempat mengeluhkan drainase vertikal yang rusak di Pondok Labu, Jakarta Selatan (Jaksel). Pihak Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jaksel mengatakan kerusakan tutup drainase tersebut sudah diperbaiki sejak pekan lalu.

"Kalau kemungkinan rusak lagi iya, tapi kalau udah diperbaiki, udah diperbaiki sejak minggu lalu," kata Kasudin SDA Jaksel Mustajab saat dihubungi, Sabtu (27/11/2021).

Mustajab mengatakan pihaknya juga sudah mengajukan peningkatan spesifikasi tutup drainase. Namun dia menyebut Sudin SDA Jaksel tidak bisa langsung mengubah karena hanya sebagai pengawas lapangan.

"Tapi kemarin kan minta spec diajukan ditingkatkan spec-nya. Keinginan kita spec yang diusulkan K500, tapi kan harus perlu pengawasan karena Sudin atau SDA Selatan itu hanya sifatnya monitoring telah dilakukan perbaikan seperti itu," ujarnya.

Mustajab menuturkan pembuatan drainase dilakukan di seluruh wilayah di Jakarta. Sampai saat ini dia menyebut sudah ada sekitar 1.900 drainase yang sudah dibangun.

"Sekitar 1.900 yang sudah realisasi. Tapi kan ada target akhir tahun yang harus dipenuhi. Saya nggak hafal, sekitar 9.000-an. Totalnya untuk lima wilayah, bukan Jaksel saja, seperti Barat, Pusat, Selatan, sama Timur. Total itu seluruh Jakarta," tuturnya.

Lebih lanjut Mustajab memastikan semua tutup drainase yang mengalami kerusakan sudah diperbaiki. Termasuk drainase yang dikeluhkan komika Soleh Solihun.

"Pada dasarnya sudah diperbaiki semua. Pondok Labu udah, Jalan Gunung Galo Jalan Karang Tengah, terus di kompleks Agraria, Jalan Wijaya, itu dalam pelaksanaan udah terpasang. Nanti kita lihat finishing-nya," imbuhnya.

Seperti yang dilontarkan oleh komika Soleh Solihun melalui akun Twitter-nya, @solehsolihun. Soleh menceritakan proses pembuatan sumur resapan di depan rumahnya di Pondok Labu. Tidak disebutkan jelas alamat yang dimaksud.

Dilihat detikcom, Jumat (26/11), Soleh mencuit pada 17 November 2021, tanah galian menghalangi akses masuk garasinya. Setelah mengabarkan perkembangan tiap hari, pada 19 November 2021, sudah tidak ada lagi tanah yang menghalangi garasi Soleh.

Namun Soleh mencuit pada Jumat (26/11) bahwa pekerjaan sumur galian belum tuntas. Ada tutup sumur resapan yang belum terpasang. Padahal tutup sumur resapan ada di dekatnya.

Kemudian Soleh pun menyebut ada tutup drainase yang sudah rusak di Jl Intan, Pondok Labu. Masalahnya, tutup drainase itu berada di badan jalan, yang pasti membahayakan.

"Dear @DinasSDAJakarta. Ini galian drainase vertikal di Jalan Intan, belum ada sebulan usianya, udah hancur bahkan berlubang. Membahayakan pengendara, nih," cuit Soleh.

Keluhan itu direspons oleh akun Twitter Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. "Terima kasih atas laporannya. Segera kami tindak lanjuti," tulis Dinas SDA.

Saat detikcom memantau di Jl Intan, pukul 17.00 WIB, tutup galian vertikal yang rusak sudah diperbaiki. Hasil pengerjaan terlihat masih basah. Agar tak dilindas kendaraan, dipasang pembatas dengan tali yang diikat ke kayu.

Terbaru, Soleh Solihun menyampaikan drainase yang dikeluhkannya sudah diperbaiki. Dia mengatakan drainase diperbaiki kemarin sore.

"Lapor @DinasSDAJakarta bak kontrol sumur resapan depan rumah dan sebelah rumah sudah ditutup kemarin sore. Terimakasih atas responnya," cuit Soleh seperti dilihat, Sabtu (27/11/2021).

Tonton juga Video: Masalah Drainase Disinggung Rider WSBK, Mandalika Berbenah Buat MotoGP

[Gambas:Video 20detik]




(dek/jbr)