Luhut Rayakan 50 Tahun Pernikahan: Saya Berutang Banyak ke Istri

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 15:19 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan dan istri (dok. Facebook Luhut)
Foto: Luhut Binsar Pandjaitan dan istri (dok. Facebook Luhut)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan merayakan hari ulang tahun pernikahan bersama istrinya, Devi Simatupang, yang ke-50 hari ini. Luhut mengenang kilas balik momen-momen bersama istrinya dalam 50 tahun ke belakang.

"Sambil menonton video yang tidak pernah saya bayangkan untuk dibuat ini, pikiran saya berpetualang ke 50 tahun yang lalu ketika awal mula saya mengucap janji di hadapan Tuhan YME dan di depan wanita yang saya pilih sebagai pasangan hidup saya hingga saat ini," ujar Luhut seperti dilihat dalam akun resmi Facebook nya, Sabtu (27/11/2021).

Luhut turut mengunggah sebuah video berdurasi 9 menit. Dalam video itu, tampak beberapa foto kebersamaan Luhut dan Devi.

Selain itu, video tersebut mengandung komentar Luhut maupun Devi mengenai pernikahan mereka hingga harapannya masing-masing.

Lebih lanjut, Luhut mengenang peran istrinya yang lebih besar dalam mengurus anak. Pasalnya, Luhut kerap tidak ada di rumah saat masih aktif sebagai prajurit.

"Sejak awal kami mengucapkan ikrar suci pernikahan di altar, saya menganggap dia sebagai pasangan hidup. Yang berarti dia punya peran yang setara dengan saya dalam rumah tangga, meskipun pada kenyataannya peran dia lebih besar dari saya karena berhasil mengasuh dan mendidik anak-anak kami. Dan seringnya memang tanpa kehadiran saya di rumah karena tugas sebagai prajurit," tuturnya.

Luhut, dalam momen perayaan pernikahannya yang ke-50 ini, menyadari bahwa dirinya berutang banyak kepada istrinya. Dia bersyukur Devi mau memilih untuk hidup bersamanya.

"Saya paham betul bahwa memilih akan selalu jadi hal yang sulit. Karenanya saya akan selalu bersyukur dan berhutang banyak kepada istri saya karena dia dengan ikhlas menerima dan menjalani pilihan yang sulit dengan menjadi seorang istri prajurit yang memberikan seluruh tenaga, waktu, dan pikirannya untuk negara," kata Luhut.

Kemudian, Luhut juga membeberkan tips kepada orang lain bagaimana cara untuk menjaga pernikahan tetap awet, bahkan mencapai 50 tahun. Luhut menyebut kuncinya adalah saling mengerti dan percaya.

"Maka ketika saya ditanya bagaimana caranya menjaga pernikahan agar awet sampai 50 tahun? Saya katakan bahwa saling mengerti dan saling percaya adalah kunci utama," paparnya.

"Perlakukanlah pasanganmu sebagai 'partner' atau teman dalam hal apapun. Perbedaan pendapat dan masalah dalam pernikahan adalah niscaya. Tetapi selama ada cinta dan respect antar satu sama lain, semua akan baik-baik saja pada akhirnya," sambung Luhut.

Luhut menutup ucapan perayaan pernikahannya dalam Bahasa Inggris. Luhut mengklaim tidak ada orang lain selain istrinya yang bisa memahami dirinya.

"Happy Anniversary My Partner in Life. No one in the world would understand me, in the best way you always do to me," imbuh Luhut.

Simak juga Video: Usai Diperiksa Laporan Luhut, Fatia Ungkap Kondisi Papua

[Gambas:Video 20detik]



(drg/hri)