Komnas HAM soal Pendekatan Baru Panglima TNI Terkait Papua: Hilangkan Stigma

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 13:25 WIB
Choirul Anam
Choirul Anam (Ari Saputra/detikcom)

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menemui Menko Polhukam Mahfud Md di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat. Pertemuan itu membahas strategi penanganan baru mengenai Papua hingga penanganan pelanggaran HAM berat.

"Pagi ini saya melakukan diskusi dalam rangka koordinasi pelaksanaan tugas Panglima TNI yang baru, meskipun sudah berkali-kali kita katakan, kita katakan lagi, selamat kepada Pak Andika Perkasa, yang telah dipercaya oleh negara melalui Presiden RI untuk menjadi Panglima TNI," kata Mahfud Md dalam video yang diterima detikcom, Kamis (25/11).

Mahfud mengatakan dia mendiskusikan cara penanganan Papua dengan Jenderal Andika. Salah satu penanganan itu menggunakan pendekatan kesejahteraan.

Pendekatan komprehensif itu, kata Mahfud, adalah pendekatan yang melibatkan semua lembaga negara, sehingga hasil kerja mendapatkan produk yang menyatu.

"Komprehensif meliputi semua hal, sinergis mencakup semua lembaga yang terkait bersama-sama, bukan sendiri-sendiri, sehingga muncul satu sosok produk yang menyatu. Jadi komprehensif, sinergis, terpadu, itu inpres," jelasnya.

Mahfud juga menjelaskan pendekatan teknis yang dilakukan ke depannya di Papua. Pendekatan itu adalah operasi teritorial, bukan operasi tempur.

"Pendekatan teknisnya tentu adalah operasi teritorial, bukan operasi tempur. Tadi saya sudah banyak diskusi, Pak Panglima sudah punya gagasan-gagasan tentang pendekatan baru itu dan nanti akan disampaikan pada saatnya, tetapi sekarang pada prinsip beliau akan menyampaikan beberapa hal yang prinsip saja," sebutnya


(dek/eva)