Kendaraan Lolos Cek di Posko PPKM Libur Nataru Akan Ditempeli Stiker

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 11:57 WIB
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo.
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Polisi akan mendirikan sejumlah posko PPKM libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022 untuk mengecek kelengkapan persyaratan pengendara yang hendak bepergian ke luar kota. Polisi bakal menempelkan stiker pada kendaraan yang sudah lolos pemeriksaan.

"Ada mekanismenya, ditempeli stiker. Stiker itu sebagai penanda bahwa yang bersangkutan itu sehat, persyaratan sudah terpenuhi," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021).

Adapun persyaratan yang dimaksud berupa surat keluar masuk (SKM) yang wajib ditunjukkan pengendara. SKM dikeluarkan oleh ketua RT.

Selain itu, Dedi mengatakan polisi akan meminta hasil tes antigen COVID-19 kepada pengendara di posko PPKM. Apabila hasilnya negatif, pengendara diperbolehkan lewat.

"Mengecek persyaratan itu sudah terpenuhi atau belum. Kalau misalnya negatif (COVID-19), akan dipersilahkan," ucapnya.

Sementara apabila warga itu tidak bisa menunjukkan surat hasil tes antigen, kata Dedi, polisi yang akan melakukan tes COVID-19. Jika hasilnya positif, warga itu akan dievakuasi ke tempat isolasi.

"Kalau misalnya belum, masyarakat diimbau untuk kita laksanakan cek antigen misalnya. Kalau misalnya dia positif, langsung ditindaklanjuti PCR. PCR positif, langsung dievakuasi ke tempat isolasi," imbuh Dedi.

Sebelumnya, Polri akan menggelar Operasi Lilin saat masa libur Natal dan tahun baru untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran COVID-19. Operasi Lilin itu akan digelar mulai 20 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Polri akan mendirikan sejumlah posko PPKM Level 3 di sejumlah jalur perbatasan antardaerah dan di setiap gerbang tol. Nantinya, setiap pengendara wajib menunjukkan surat keluar masuk (SKM) yang dikeluarkan oleh ketua RT.

"Semua dalam rangka untuk mengantisipasi lonjakan COVID-19, khususnya varian baru. Dalam Operasi Lilin tersebut, Bapak Kapolri akan menekankan dan akan memaksimalkan dan mengoptimalkan posko PPKM," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (26/11).

(drg/jbr)