Ngobrol Bareng Dzunot, Sosok Misterius yang Viral di Atas Patung GWK Bali

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 18:17 WIB
Viral sosok misterius di atas Patung GWK
Viral sosok misterius di atas Patung GWK (Foto: Tangkapan layar video viral)
Jakarta -

Video yang memperlihatkan sosok misterius di atas Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, sempat bikin geger media sosial. Banyak yang bertanya-tanya hingga khawatir soal sosok misterius itu dan apa yang dia lakukan di atas sana.

Kini, sosok yang viral itu terungkap. Namanya Ari Ardiansyah alias Dzunot.

Bukan, Dzunot bukan sedang melakukan aksi berbahaya di atas patung GWK. Dzunot adalah staf teknisi yang melakukan perawatan besi pelapis patung.

Sosok misterius Dzunot awalnya diungkap oleh sang pematung, Nyoman Nuarta, lewat unggahan di laman Instagram resminya pada Rabu (24/11/2021). Dia meminta masyarakat yang khawatir untuk tenang.

"Heboh Pemanjat GWK itu adalah staf kami yg bernama JUNOT @dzunot_ardiansyah sedang melaksanakan tugas. Memeriksa GWK. Takut ada yg bocor. Terimakasih atas kepedulian Anda sekalian," tulisnya.

Ngobrol dengan Dzunot

detikcom kemudian menghubungi teknisi yang memanjat patung GWK itu. Dzunot bercerita bahwa dia naik ke atas patung GWK untuk mengecek kondisi besi pelapis patung.

"Kami kan tergabung dalam PT Siluet Nyoman Nuarta ya, di bawah naungan Bapak Nuarta yang berpusat di Bandung, kebetulan membangun ini dulu nih, beres 2018, terus saya dan tim bertanggung jawab perawatan di GWK ini, khususnya di bocor dan karat, besi bagian dalam," kata Dzunot saat berbincang dengan detikcom, Kamis (25/11/2021).

Dzunot, teknisi yang panjat patung Garuda Wisnu Kecana (GWK)Dzunot, teknisi yang panjat patung Garuda Wisnu Kecana (GWK) (Foto: Dok. Pribadi)

Hingga saat ini, Dzunot telah tiga tahun melakukan perawatan patung GWK, khususnya bagian bocor kulit patung bagian luar. Dzunot pun menjelaskan bahwa dirinya menaiki patung melalui pintu yang telah disediakan.

"Nah, jadi sebetulnya saya nggak manjat, jadi di atas patung GWK itu ada pintu, pintu keluar gitu, ada tali juga, tali safety yang sudah terpasang, sebetulnya kita nggak manjat, cuma cek kebocoran saja di atas," tuturnya.

GWK Tutup Saat Video Direkam

Dzunot menjelaskan, saat dirinya memanjat, wisata Patung GWK ditutup. Dia menyebut video viral itu pun ditambahi dengan suara untuk menampilkan efek drama.

"Sebetulnya, perlu saya klarifikasi ya, kalau yang dari bawah itu, dari yang mungkin sebelah kiri depan patung itu ada yang foto-foto atau apalah, warga sekitar, karena untuk pengunjung GWK mulai buka besok untuk pengunjung umum. Kemarin Rabu itu lagi tutup, ada yang merekam, nggak manggil-manggil gitu, pas ditelusuri ternyata suara potongan dari TikTok," ujarnya.