Taspen Pamerkan Layanan Digital buat ASN di Forum Tingkat Asia

Nada Zeitalini Arani - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 17:05 WIB
TASPEN
Foto: dok. TASPEN
Jakarta -

TASPEN menjadi satu-satunya yang mewakilkan Indonesia dalam acara Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) yang dilaksanakan secara hybrid di Jeju, Korea Selatan oleh Government Employee Pension Service (GEPS) Korea pada 22-23 November 2021.

Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih mengatakan pihaknya memberikan apa yang peserta butuhkan untuk kemudahan layanan. Banyak inovasi berkelanjutan yang sudah TASPEN lakukan di tahun 2021, terutama selama masa pandemi COVID-19.

"Inovasi-inovasi digitalisasi layanan ini adalah sebuah bentuk dari Continuous Improvement TASPEN untuk selalu memberikan yang terbaik untuk para peserta,"ujar Kosasih dalam keterangan tertulis, pada Kamis, (25/11/2021).

Ia melanjutkan, selama masa pandemi TASPEN menerapkan layanan digital untuk memudahkan peserta, salah satunya dengan menghadirkan digital otentikasi. Layanan ini memungkinkan peserta melakukan otentikasi melalui smartphone dan mengambil hak pensiun langsung melalui ATM.

Untuk menghindari penularan COVID-19, TASPEN juga meluncurkan layanan Taspen PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

CEO of GEPS Hwang Seo Chong mengatakan kegiatan Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) 2021 digelar agar negara-negara di Asia memahami tren terbaru pengelolaan jaminan sosial ASN, serta menerapkan strategi keberlanjutan sistem pembayaran pensiun ASN di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini.

"Dengan kegiatan Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) 2021 ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para negara-negara di Asia untuk menjalin hubungan baik, memahami tren terbaru reformasi pengelolaan jaminan sosial ASN, menemukan penyelesaian masalah bersama-sama dan menerapkan strategi terhadap keberlanjutan sistem pembayaran pensiun ASN terutama di tengah situasi pandemi COVID-19," ungkapnya.

(prf/ega)