Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional, Ini Sejarahnya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 13:31 WIB
Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional jatuh di hari ini, Kamis, 25 November 2021.
Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional, Ini Sejarahnya -- Ilustrasi kekerasan Foto: Edi Wahyono

Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional: Tema Tahun Ini

Dilansir dari situs PBB, di masa pandemi COVID-19, jumlah perempuan yang mengalami kekerasan semakin meningkat. Laporan baru dari PBB semenjak pandemi, dari 13 negara menunjukan ada 2 dari 3 perempuan yang mengalami beberapa bentuk kekerasan.

Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional tahun ini bertemakan 'Oranyekan Dunia: Akhiri Kekerasan terhadap Perempuan Sekarang!'. Oranye merupakan warna yang mewakili masa depan yang cerah dan bebas dari kekerasan terhadap perempuan.

Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional: Peringatan Tahun ini

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional tahun ini diperingati dengan diadakannya acara selama 16 hari yang dimulai dari 25 November sampai 10 Desember mendatang. Beberapa acara publik akan diadakan untuk memperingati Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional tahun ini.

Acara ini dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PBB dan PBB Perempuan sejak 2008 lalu. Acara ini bertujuan untuk mencegah dan menghapus kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia, serta menyerukan aksi global untuk meningkatkan kesadaran dalam kekerasan perempuan.

Acara peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional ni memiliki sejumlah kegiatan, di antaranya adalah:

  1. Acara resmi PBB pada 24 November
  2. Webinar online melalui situs PBB Perempuan
  3. Peluncuran laporan data terbaru tentang kekerasan dalam gender
  4. Beragam acara berbasis online lainnya.

(azl/imk)