Sejarah Hari Guru Nasional, Diperingati Tiap Tanggal 25 November

Anisa Hafifah - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 18:30 WIB
ilustrasi guru dan murid di kelas
Sejarah Hari Guru Nasional, Diperingati Tiap Tanggal 25 November (Foto: detikcom/ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Sejarah Hari Guru Nasional cocok disimak jelang tanggal 25 November. Sejarah Hari Guru Nasional tak bisa dilepaskan dari sejarah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sejarah Hari Guru Nasional berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912, yang pada akhirnya diubah menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGI) di tahun 1932.

Menilik kembali dari sejarahnya yang dilansir di situs PGRI DKI, perubahan nama dari PGHB menjadi PGI ini mengejutkan pemerintah Belanda, karena kata 'Indonesia' yang mencerminkan semangat kebangsaan sangat tidak disenangi oleh Belanda. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang diinginkan oleh para guru dan bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, mari kita simak sejarah Hari Guru Nasional di bawah ini.

Sejarah Hari Guru Nasional

Pada zaman kependudukan Jepang, segala organisasi yang berkaitan dengan pendidikan itu mulai dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas mereka. Namun, dalam Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta, para sekelompok organisasi dan guru-guru mulai bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari sinilah, pada tanggal 25 November 1945, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Dengan semangat yang membara, Persatuan Guru Republik Indonesia serentak bersatu untuk mengisi kemerdekaan mereka dengan tiga tujuan:

  1. Mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia.
  2. Mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan.
  3. Membela hak dan nasib buruh umumnya, guru pada khususnya.

Dari sejarah Hari Guru Nasional yang sudah dilalui oleh Persatuan Guru Republik Indonesia, pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November yang ditandai sebagai Hari Guru Nasional.

Kegiatan Peringatan Hari Guru Nasional 2021

Sejarah Hari Guru Nasional dikenang kembali jelang peringatan Hari Guru Nasional 2021. Tahun ini, pemerintah telah menerbitkan pedoman untuk memperingati Hari Guru Nasional 2021.

Pedoman itu diterbitkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Berikut uraian kegiatan yang dapat dilakukan oleh satuan pendidikan, instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2021.

  • Melakukan upacara bendera untuk satuan pendidikan, instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia secara tatap muka langsung pada wilayah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 dan 2 sebagai Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 pada tanggal 25 November 2021 pukul 08.00 WIB dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku sebagai upaya dalam menekan angka lonjakan kasus Covid-19 .
  • Mengangkat tema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di tahun ini tema yang diangkat dalam memperingati Hari Guru Nasional 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan".
  • Menggunakan logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 yang dapat diunduh di laman www.kemdikbud.go.id.
  • Untuk satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dihimbau untuk mencantumkan tagar #BergerakDenganHati #DemiKemajuan dalam unggahan konten peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di media sosial.
  • Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dihimbau untuk menyelenggarakan aktivitas/kegiatan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Guru Nasional Tahun 2021 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa pandemi ini, mendorong pelibatan dan partisipasi publik, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Demikian sejarah Hari Guru Nasional dan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Guru Nasional 2021 di tanggal 25 November ini.

(izt/imk)