3 Wartawan Gadungan di Depok Peras Warga, Ancam Viralkan Perselingkuhan

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 12:48 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Depok -

Polisi menangkap tiga wartawan gadungan di Tapos, Cimanggis, Depok. Ketiganya ditangkap atas dugaan pemerasan terhadap pria inisial FI (57) dan mengancam akan memviralkan perselingkuhan yang dilakukannya.

Kapolsek Cimanggis Kompol Ibrahim Joao Sadjab mengatakan ketiga pelaku mendatangi rumah korban pada Senin (22/11) sekitar pukul 17.45 WIB. Mereka memperkenalkan diri sebagai wartawan.

"Korban baru tiba di rumah dan tiba-tiba datang tiga pelaku, kemudian mengancam korban akan memviralkan perselingkuhannya," kata Ibrahim kepada wartawan, Kamis (28/11/2021).

Ketiga pelaku berinisial MB (31), S (29), dan AJP (37). Ketiganya berpura-pura sebagai wartawan untuk mengancam korban.

"Modus operandi pelaku mengancam korban telah berselingkuh dan akan memviralkan, lalu pelaku meminta sejumlah uang kepada korban. Kita amankan kartu tanda pengenal pers," ujar Ibrahim.

Korban yang takut akan ancaman pelaku kemudian menuruti permintaan dari tiga pelaku tersebut. Korban memberikan sejumlah uang ke rekening salah satu pelaku.

"Pelaku meminta uang Rp 15 juta. Karena ketakutan, korban mentransfer ke rekening salah satu pelaku sejumlah Rp 10 juta," ujar Ibrahim.

Namun pelaku masih belum puas dengan uang yang telah dikirim korban. Pelaku kemudian membawa korban ke minimarket untuk mengambil uang Rp 5 juta lagi.

"Namun karena sudah limit, korban tidak bisa mengambil uang di ATM tersebut," tutur Ibrahim.

Aksi pelaku kemudian ketahuan oleh warga sekitar. Pelaku lalu diamankan warga dan dibawa ke Polsek Cimanggis.

Ketiga pelaku kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Ketiganya dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pemerasan dan ditahan di Polsek Cimanggis.

(ygs/mea)