Ikan Langka Mola-mola Berukuran Besar Mati Terdampar di Pantai Bali

Sui Suadnyana - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 16:24 WIB
Ikan langka mola-mola terdampar di Pantai Penarukan, Bali. (dok. Istimewa)
Ikan langka mola-mola terdampar di Pantai Penarukan, Bali. (Foto: dok. Istimewa)
Denpasar -

Ikan mola-mola, yang masuk kategori ikan langka, ditemukan mati terdampar di Pantai Penarukan, Bali. Ikan itu berukuran cukup besar.

Ikan mola-mola tersebut diketahui terdampar di Pantai Penarukan, Kelurahan Penarukan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Bali, pada Selasa (23/11/2021) sekitar pukul 15.00 Wita.

Ikan langka mola-mola terdampar di Pantai Penarukan, Bali. (dok. Istimewa)Ikan langka mola-mola terdampar di Pantai Penarukan, Bali. (dok. Istimewa)

Dalam video yang viral di media sosial, tampak ikan mola-mola yang sudah mati dikelilingi sejumlah orang. Ikan tersebut juga diikat dengan dengan tali dan diangkat oleh warga.

"Mendapatkan informasi dari masyarakat pesisir (Kelurahan) Penarukan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, bahwa telah ditemukan ikan jenis mola-mola terdampar di Pantai Penarukan, Buleleng," kata Kaur Bin Ops (KBO) Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Buleleng Iptu Nyoman Dewa Sadnyana dalam keterangan tertulis, Rabu (24/11/2021).

Mendapat laporan tersebut, pimpinan Satuan Polairud Polres Buleleng kemudian memerintahkan anggota jaga pos Satpolairud Sangsit Bripka Komang Rediasa mengamankan lokasi. Hal itu dilakukan sembari menunggu tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) guna dilakukan penelitian.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan dan penelitian oleh tim, ikan yang memiliki nama Latin millstone tersebut diketahui memiliki panjang 196 cm, lebar 130 cm, sirip bawah 90 cm, sirip atas 92 cm, sirip lebar belakang 1 m, dan panjang sirip 40 cm. Kemudian panjang sirip pectoral 39 cm, operculum 14 cm, lebar mata 9 cm dan lebar mulut 15 cm.

"Selanjutnya ikan mola-mola ditenggelamkan di perairan (Kelurahan) Penarukan," jelas Dewa Sadnyana.

(nvl/nvl)