PPKM Nataru Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Aturannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 15:58 WIB
PPKM Nataru Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Aturannya
PPKM Nataru Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Aturannya (Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim)
Jakarta -

PPKM Nataru tanggal berapa? Bisa jadi ada masyarakat yang belum tahu bahwa pemerintah membuat kebijakan khusus di akhir tahun. PPKM Nataru (Natal dan Tahun Baru) akan diberlakukan untuk menjaga mobilitas masyarakat selama liburan.

PPKM Nataru akan menerapkan protokol kesehatan level 3. Tim detikcom merangkum informasinya untuk menjawab pertanyaan PPKM Nataru tanggal berapa.

PPKM Nataru Tanggal Berapa: Dari 24 Desember 2021 - 2 Januari 2022

PPKM Nataru tanggal berapa dapat terjawab setelah informasi berikut. PPKM Nataru mulai berlaku dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Selama libur Nataru, seluruh Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM Level 3," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Inmendagri Terbaru untuk PPKM Nataru

Dalam penerapan PPKM Nataru, ada sejumlah aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Aturan ini dimuat dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Aturan ini juga disampaikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 22 November 2021 dan ditujukan kepada gubernur, bupati, hingga wali kota di seluruh Indonesia. Berikut sejumlah hal yang harus diperhatikan saat PPKM Nataru.

  1. Pekerja ASN, TNI, Polri, BUMN dan karyawan swasta dilarang cuti selama periode Nataru.
  2. Acara pernikahan dan sejenisnya melaksanakan aturan PPKM level 3.
  3. Kegiatan seni budaya dan olahraga ditiadakan dalam periode Nataru.
  4. Semua alun-alun ditutup mulai 31 Desember 2021-1 Januari 2022.

PPKM Nataru, Ini Aturan Ibadah Natal 2021

PPKM Nataru tanggal berapa sudah terjawab di ulasan sebelumnya. Penerapan PPKM Nataru juga meliputi aturan ibadah Natal 2021, di antaranya:

  1. Pengurus gereja membentuk Satgas Prokes COVID-19
  2. Pelaksanaan ibadah dan perayaan natal dilakukan:
    - Sederhana dan menekankan persekutuan di tengah-tengah keluarga.
    - Diselenggarakan secara hybrid, yaitu berjamaah/kolektif di gereja atau secara daring.
    - Kapasitas umat yang ibadah di gereja maksimal 50% dari kapasitas normal. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan hanya kategori hijau dan kuning yang boleh masuk.

Setelah pertanyaan PPKM Nataru tanggal berapa terjawab, simak informasi selanjutnya soal kegiatan perayaan tahun baru 2022 di halaman berikutnya.