KPK Cecar Kepala SMKN 7 Tangsel soal Aliran Dana di Kasus Pengadaan Tanah

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 13:26 WIB
Kepanjangan KPK hingga Tugas-tugas Lembaga Antikorupsi Itu
Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK telah memeriksa Kepala SMKN 7 Tangerang Selatan (Tangsel), Aceng Haruji, terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tanah. Aceng dimintai konfirmasi soal aliran uang yang diterima berbagai pihak terkait perkara.

Pada kesempatan ini, KPK juga memeriksa saksi notaris, yakni Suningsih. Kedua saksi itu diperiksa pada Selasa (23/11) di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

"Para saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan dugaan adanya aliran uang yang diterima oleh berbagai pihak yang terkait dengan perkara ini," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (24/11/2021).

Ali mengatakan KPK terus menelusuri aliran uang dari perkara ini. KPK, kata Ali, mengimbau pihak-pihak yang terlibat untuk jujur memberikan keterangan.

"Tim penyidik masih terus akan mendalami aliran uang dimaksud dan mengimbau agar pihak-pihak yang menikmati tersebut agar jujur menerangkan di proses pemeriksaan," katanya.

Diketahui, KPK memang tengah mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan tanah untuk pembangunan SMKN 7 Tangsel. KPK hingga saat ini masih mengumpulkan bukti terkait dugaan korupsi ini.

"Saat ini KPK memulai penyidikan baru dugaan tindak pidana korupsi terkait pengadaan tanah untuk pembangunan SMKN 7 Tangsel pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten tahun anggaran 2017," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (1/9)

Ali mengatakan KPK belum bisa membeberkan perkara dugaan korupsi pengadaan lahan SMKN 7 Tangsel lebih detail. KPK juga belum bisa menginformasikan siapa tersangka dalam perkara ini.

Pada Selasa (31/8), KPK telah melakukan penggeledahan di sejumlah lokasi. KPK telah menyita dua unit mobil dan barang elektronik yang berkaitan dengan perkara.

(azh/aud)