Erick Minta Gratis, Toilet SPBU di Pekanbaru Masih Kutip 'Uang Kebersihan'

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 11:14 WIB
Toilet di salah satu SPBU di Pekanbaru (Raja-detikcom)
Toilet di salah satu SPBU di Pekanbaru. (Raja/detikcom)
Pekanbaru -

Menteri BUMN Erick Thohir meminta toilet umum di SPBU Pertamina dan SPBU swasta yang bekerja sama dengan Pertamina gratis. Namun SPBU di Pekanbaru masih berbayar dengan alasan 'uang kebersihan'.

detikcom mendatangi salah satu SPBU di Jalan SM Amin, Pekanbaru, Rabu (24/11/2021), tampak ada kotak 'uang kebersihan' yang diletakkan di dekat toilet. Di SPBU ini, ada seorang petugas yang duduk menunggu kotak itu.

"Saya pegawai kebersihan di SPBU ini, ada dua orang kami. Status kontrak," ujar petugas kebersihan, Irwan.

Dia menyebut diberi gaji oleh pengelola. Namun dia mengatakan uang sumbangan itu dibutuhkan untuk biaya sabun membersihkan toilet tersebut.

"Kebersihan kamar mandi juga udah digaji. Ini untuk beli sabun, ada dikasih juga sama pengelola. Tapi tidak cukup, ini sukarela aja sih," katanya.

Dia mengatakan kotak sumbangan itu disediakan pihak SPBU. Dia mengaku hanya bertugas menjaga kotak tersebut.

"Sudah disediakan, saya hanya jaga saja," katanya.

Sementara itu, kondisi berbeda terlihat di SPBU Jalan Tambusai dan Jalan Thamrin, Pekanbaru. Tak ada kotak sumbangan uang kebersihan di toilet SPBU tersebut.

Seorang warga, Widiarso, mengaku tidak mempermasalahkan hal itu. Hanya, dia mengaku kadang merasa kebingungan jika ke toilet tidak ada uang.

"Sebenarnya tak masalah, kan seikhlasnya itu. Tapi kita sungkan, segan kalau keluar tidak kasih. Sementara petugasnya duduk depan kotak ngeliatin. Ada juga kadang itu kita dipanggil 'Mas sumbangan'," katanya.

Dia menilai banyak toilet SPBU yang tidak berbayar. Namun, katanya, kebersihan toilet itu kurang terjaga.

"Kita dilema juga, bersih bayar, tidak bayar toiletnya kotor. Makanya SPBU harusnya memperhatikan ini. Betul kata Pak Menteri Erick Thohir, pengelola atau pemilik SBPU harusnya merespons ini," katanya.

(ras/haf)