Polisi: 4 Copet Beraksi Saat WSBK Mandalika Jaringan Internasional

Faruk - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 14:16 WIB
Polda NTB tangkap 4 pencopet yang beraksi saat WSBK Mandalika (Foto: Faruk/detikcom)
Polda NTB menangkap 4 pencopet yang beraksi saat WSBK Mandalika. (Faruk/detikcom)
Mataram -

Polda NTB menangkap 4 pencuri yang beraksi saat balapan World Superbike Championship (WSBK) 2021 berlangsung di Sirkuit Mandalika. Ternyata, komplotan pencuri itu merupakan jaringan copet internasional dengan sasaran penonton event-event besar.

"Semua ini jaringan copet internasional, biasa main di Batam, Makau, Sirkuit Sepang, dan Singapore," ungkap Ditkrimum Polda NTB Kombes Hari Brata kepada wartawan, Selasa (23/11/2021).

Fakta tersebut diketahui polisi setelah melakukan penyelidikan atau pengembangan terhadap 4 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut. Bahkan, para tersangka telah berencana melakukan aksinya pada event MotoGP 2022.

"Dan mereka akan undang pemain-pemain copet dari Malaysia, Turki, Thailand, Singapore, dan Philippines saat MotoGP 2022 nanti," tutur Hari Brata.

Hari mengungkapkan para tersangka telah melancarkan aksinya beberapa hari sebelum event berlangsung. Salah satu korbannya adalah wartawan dari Jepang.

"Hari Sabtu ada korban wartawan Jepang, 3 orang. Minggu ada korban 3 orang dan 1 orang si Mall Episentrum. Korbannya mayoritas perempuan, kalau laki-laki biasanya malam kondisi saat mabuk di kafe dan di diskotek," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi menangkap 4 anggota komplotan pencuri yang beraksi saat balapan World Superbike Championship (WSBK) 2021 berlangsung di Sirkuit Mandalika. Mereka merupakan warga dari luar Nusa Tenggara Barat (NTB) yang datang untuk melakukan aksi pencurian.

"Komplotan pencuri itu berjumlah lebih 4 orang, namun yang berhasil ditangkap baru 4 orang, semua berasal dari luar Pulau Lombok, yakni dari Jakarta," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda NTB Kombes Hari Brata dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (22/11/2021).

Komplotan pencuri asal Jakarta itu melakukan aksi pencopetan di tengah keramaian penonton WSBK Mandalika. Aksi mereka kemudian diketahui polisi dari pergerakannya.

Empat orang yang ditangkap itu terdiri atas 3 perempuan dan 1 laki-laki. Empat orang ini diketahui telah berhasil mencuri di area pintu masuk atau Gate 3.

Lihat Video: Saat Luhut ke WSBK, Bicara Tumbuhnya Ekonomi hingga Corona Terkendali

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)