Operasi Kanker Lancar, SBY Jalani Pemulihan di AS Sebelum Pulang ke RI

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 09:50 WIB
Jakarta -

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menjalani pemulihan seusai operasi besar kanker prostat. SBY segera kembali ke Tanah Air.

"Beberapa saat mendatang saya masih akan berada di Rochester untuk kelanjutan recovery (pemulihan) dan insyallah pada saatnya segera kembali ke Tanah Air," ujar dalam video yang diunggah di akun Instagram @aniyudhoyono seperti dilihat detikcom, Selasa (23/11/2021).

SBY menjalani operasi kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, AS. SBY sudah menjalani operasi dengan baik dan lancar.

Dia menceritakan, selama tindakan medis di AS itu, ada dua dokter Indonesia yang mendampingi. Termasuk tim kepresidenan di bawah kepemimpinan Jenderal Budi Sulistya.

"Tentu jajaran PDK yang terus merawat membantu, termasuk komunikasi dengan Mayo Clinic, juga Prof Munawar ahli jantung kita yang juga berkomunikasi dengan koleganya untuk kelancaran pengobatan saya ini," paparnya.

SBY menuturkan saat ini dirinya masih menjalani pemulihan dan kontrol ke Mayo Clinic.

"Pascatindakan medis ini, major surgery saya masih melakukan pemulihan atau recovery setelah operasi besar itu yang saya lakukan di Rochester, hari ini saya juga melakukan kontrol. Sejauh ini pasca tindakan yang dilaksanakan 11 hari yang lalu tim dokter menyimpulkan bahwa apa yang saya alami sesuai perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat," kata SBY.

Dia juga berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. Termasuk menyampaikan terima kasih ke Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri hingga Jusuf Kalla.

"Secara khusus saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas kepedulian, perhatian dan bantuannya untuk kelancaran pengobatan saya di Amerika Serikat," kata SBY.

"Saya juga menghaturkan terima kasih kepada ibu Megawati Soekarnoputri Presiden Republik Indonesia ke-5 atas perhatian, kepedulian dan doa beliau terhadap apa yang saya alami ini. Juga sahabat saya PM Singapura Lee Hsien Loong, dan Menteri Luar Negeri Singapuara Vivian Balakrishnan yang mengirimkan surat doa atas kesembuhan saya berobat di Mayo Clinic," jelasnya.

(idn/haf)