Longsor Putuskan Jalur Mamasa-Polman Sulbar, 500 Kendaraan Tertahan

Abdy Febriady - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 18:34 WIB
Polman -

Curah hujan cukup tinggi membuat longsor di jalur penghubung Kabupaten Mamasa-Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar). Akibatnya, 500 kendaraan tertahan dan sejumlah kendaraan logistik harus didorong warga karena jalur terputus.

Titik longsor berada di Desa Tamalantik, Kecamatan Tandukkalua, Kabupaten Mamasa. Tebing di sisi jalan longsor pada Minggu malam (21/11/2021), sekitar pukul 21.30 Wita.

"Untuk kejadian longsor diperkirakan sekitar pukul setengah 10 tadi malam (Minggu malam)," ungkap Kapolsek Mamasa AKP S Pata'langi saat dimintai konfirmasi wartawan di lokasi longsor, Senin siang (22/11/2021).

Pata'langi menyebut akses jalan baru bisa dilalui pada Senin pagi (22/11), sekitar pukul 08.30 Wita. Keterlambatan alat berat memaksa warga setempat bergotong royong membuka jalan dengan alat seadanya.

"Nanti sekitar pukul 8.30 Wita baru jalan ini bisa terbuka, namun dikerjakan manual oleh masyarakat setempat, karena alat belum tiba, sudah dihubungi,"ujarnya.

Ia mengatakan banyak kendaraan terpaksa ditarik dan didorong lantaran kesulitan melewati permukaan jalan, karena sebagian masih tertutup tanah becek dan licin.

"Antrean kendaraan sekira 500 unit, sekarang sudah bisa melintas. Namun harus dibantu oleh masyarakat, baik didorong maupun ditarik, karena longsoran dalam keadaan becek," pungkas Pata'langi.

Berdasarkan pantauan wartawan, sebuah alat berat telah tiba dilokasi untuk membersihkan material longsor yang menutup jalan. Proses pembersihan dilakukan dengan sangat hati-hati, lantaran hujan kembali mengguyur.

Mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan, warga diimbau untuk selalu waspada saat melintasi jalur ini. Banyak tebing di sisi jalan kondisinya labil dan rawan longsor, akibat curah hujan yang masih tinggi.

(nvl/nvl)