Viral Warga Polman Sulbar Berebut Uang dari Langit, Ini Asalnya

Abdy Febriady - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 15:24 WIB
Tangkapan layar video viral warga rebutan uang dari langit. (dok. Istimewa)
Tangkapan layar video viral warga rebutan uang dari langit. (Dok. Istimewa)
Polman -

Viral di media sosial warga di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), saling berebut uang dari langit. Ternyata uang itu berasal dari seorang warga perantau asal Kalimantan Timur (Kaltim) yang sengaja membagikan uang dengan melemparnya dari atas rumah.

Dalam video yang viral di media sosial, tampak warga berebut mengumpulkan uang yang jatuh dari langit. Aksi saling berebut uang itu terjadi di Desa Pambusuang, Kecamatan Balanipa, pada Kamis (18/11/2021) lalu.

Pria yang menghamburkan uang dalam video viral adalah perantau bernama Sayyid Tahir, putra daerah yang menjadi pengusaha sukses di Balikpapan, Kaltim. Dia memang dikenal kerap membagikan uang ke warga setiap kali pulang ke kampung halamannya di Desa Pambusuang.

"Sebenarnya itu adalah kebiasaan masyarakat di sini. Bentuk kesyukuran warga menjadi pengusaha sukses di rantau, setiap kembali pulang ke kampung halaman," ujar Pelaksana Tugas Kepala Desa Pambusuang, Karman, kepada wartawan, Jumat (19/11).

Karman menepis kabar yang menyebut aksi menghamburkan itu terkait dengan pemilihan kepala desa (pilkades) yang sedang digelar di desa itu. Tapi dia menyebut aksi menghamburkan uang itu juga bentuk kesyukuran bagi kepala desa terpilih yang juga merupakan keluarga Sayyid.

"Jadi tidak ada hubungannya untuk menyogok, apalagi kegiatan menghamburkan uang itu dilakukan, setelah proses perhitungan suara selesai. Hanya semacam bentuk syukur kepada warga untuk memberi," tuturnya.

Saat dimintai konfirmasi, Sayyid Tahir juga menegaskan, bahwa aksinya membagikan uang tidak berikatan dengan pemilihan kepala desa.

"Hanya kebetulan saja, momennya bertepatan setelah perhitungan suara. Jadi tidak ada kaitannya," ungkap Sayyid terpisah.

Menurut dia, apa yang dilakukan merupakan kegiatan rutin keluarga, sebagai bentuk kesyukuran setiap kembali ke kampung halaman.

"Sudah sering kali dilakukan. Setiap pulang kampung pasti berbagi khususnya kepada anak-anak," pungkasnya.

Diperkirakan, jumlah uang yang dibagikan Sayyid Tahir dengan cari dihamburkan dari atas rumah, mencapai satu juta rupiah. Uang yang dibagikan adalah pecahan Rp 2.000.

Tonton juga Video: Tolong... 4 Hari Terisolasi Longsor, Warga Polman Terancam Kelaparan!

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)