Surya Paloh Siap Lanjutkan Program Lingkungan Jokowi: Ini Tugas Penting

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 03:46 WIB
Surya Paloh (dok ist)
Foto: Surya Paloh (dok ist)
Jakarta -

Surya Paloh memimpin rombongan Partai NasDem menggelar kegiatan pelepasan tukik hingga penanaman terumbu karang di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Surya Paloh menekankan program pelestarian lingkungan tak boleh berhenti pada periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kegiatan pelepasan tukik hingga penanaman terumbu karang NasDem ini dilakukan di Pulau Kelapa dan Pulau Kotok, Sabtu (20/11/2021). Presiden Jokowi pernah menggelar kegiatan serupa pada September 2021.

"Jelas ini (pelestarian lingkungan) tugas kita bersama, termasuk tugas penting dari instansi partai politik seperti NasDem," kata Surya Paloh seperti dalam keterangannya, Minggu (21/11/2021).

Dalam kegiatan ini, Surya Paloh didampingi anggota Majelis Tinggi NasDem Lestari Moerdijat, serta jajaran pengurus DPP dan DPW NasDem DKI. Ketua Dewan Pakar NasDem, yang juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, juga hadir.

Paloh juga berpesan agar kegiatan seperti ini tidak berhenti pada periodesasi kepemimpinan Jokowi saja, tetapi terus secara kontinu siapapun presidennya.

"NasDem punya concern yang sama. Kegiatan seperti ini harus meresap dalam sukma kalbu kita, hingga menjadi tekad kesadaran bahwa ini adalah masalah kita, dan ini adalah milik kita yang harus kita jaga bersama," pesannya.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah merupakan tindakan yang terpuji karena merawat alam agar tetap lestari.

"Hari ini kita bersama ada di Kepulauan Seribu untuk menggemakan semangat menjaga alam. Mari kita pulihkan lingkungan seluruh Indonesia terutama mulai dari pulau-pulau," ucap Siti Nurbaya.

Dalam kegiatan ini NasDem juga menggandeng pemerintah daerah dan aparat setempat, dalam hal ini, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi serta Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu Fredian. Kegiatan pelestarian lingkungan ini merupakan rangkaian acara perayaan satu dekade NasDem.

Seperti diketahui, pada September 2021 Presiden Jokowi mempelopori kegiatan serupa dengan melepas 1.500 tukik di Pantai Kemiren, Cilacap, Jawa Tengah. Jokowi menyampaikan pesan soal kelestarian satwa penyu.

Jokowi berharap pelepasan tukik bisa membantu menciptakan ekosistem laut yang sehat. Selain itu, dia menilai pelepasan tukik bisa membuat keseimbangan lingkungan di pesisir pantai dapat terjaga.

"Saya mengharapkan dengan kegiatan ini ada kesadaran, ada kepedulian, ada partisipasi dari masyarakat untuk menjaga dan melestarikan penyu, agar penyu semakin banyak dan semakin meningkat," ujar Jokowi seperti disiarkan di akun YouTube Setpres, Kamis (23/9/2021).

"Program pelepasan penyu ini tidak hanya akan dilakukan di Cilacap tetapi akan kita lakukan secara masif di pantai-pantai di seluruh Tanah Air yang kita miliki," sambung Jokowi.

Lihat juga video 'Pejabat Kementan Pakai Seragam Kostranas NasDem, PD: Politisasi ASN!':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/dwia)