Di Jakarta Biennale 2021, Anies Teringat Kala Jabat Mendikbud

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 19:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok.Pemprov DKI)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan dalam acara Jakarta Biennale 2021. Di sela-sela sambutannya. Anies pun teringat kala menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Mulanya, Anies berbicara mengenai kegiatan Jakarta Biennale yang harus dipromosikan lebih luas agar banyak didatangi oleh masyarakat khususnya generasi muda. Anies mengatakan pihaknya akan mendorong anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah untuk mendatangi kegiatan ini sebagai proses pendidikan.

"Kami berharap sekali bahwa lebih banyak yang datang, mudah-mudahan kita ingin promosikan lebih luas sehingga warga Jakarta, warga Indonesia banyak yang mendatangi kegiatan Jakarta Biennale ini dan harapannya menjadi inspirasi. Bagi generasi baru, kita berharap untuk bisa memanfaatkan, kami nanti akan dorong mudah-mudahan lebih banyak anak-anak sekolah yang mengikuti proses pendidikan untuk datang dan melihat," kata Anies di kanal Youtube Jakarta Biennale seperti dikutip, Minggu (21/11/2021).

Anies kemudian mengenang masa-masa saat dirinya menjabat Mendikbud. Kala itu, Anies sering mengatakan bahwa pendidikan adalah unsur dari kebudayaan dan bukan malah sebaliknya.

"Dulu saya bertugas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saya sering garisbawahi bahwa pendidikan itu adalah unsur dari kebudayaan. Jangan dibalik, jangan sampai dipandang kebudayaan bagian dari pendidikan, terbalik. Pendidikan adalah bagian dari kebudayaan," tutur Anies.

Menurut Anies, acara ini adalah kesempatan yang baik untuk mengenalkan kesenian secara dekat kepada generasi baru. Anies menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan penyelenggara agar para anak-anak sekolah bisa berinteraksi langsung dengan seniman untuk menjaga tradisi Jakarta Biennale.

"Artinya kita harus menggunakan kesempatan ini, nanti pak Andika, Pak Iwan, kita ajak kepada generasi baru untuk datang menyaksikan dari dekat, berinteraksi dengan para seniman yang karya-karyanya hadir di sini untuk jadi insipirasi dan harapannya nanti menjaga tradisi Jakarta Biennale ini," ungkapnya.

Anies menambahkan Pemprov DKI akan berkomitmen untuk terus mendukung acara Jakarta Biennale ini. Dengan kolaborasi bersama seluruh pihak, Anies yakin acara ini dapat terus berjalan dan pandemi akan segera selesai.

"Insyaallah kami buat rutin, kami Pemprov DKI membuat komitmen untuk terus mendukung Jakarta Biennale ini ke depan. Jadi terus berjalan dan semoga pandemi ini segera selesai dan kolaborasinya kita harus jalankan terus," ujarnya.

Simak video 'PPP-PKB Kritik Langkah MUI DKI Bentuk Tentara Cyber Bela Anies':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/imk)