Akhirnya! Pemilik Bakal Bongkar Kafe di Atas Saluran Air Kemang

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 10:51 WIB
Kafe di Kemang Utara bikin geger karena dibangun di atas saluran air. Terancam dibongkar, bagaimana kondisi terkini kafe tersebut? Ini fotonya.
Penampakan kafe di atas saluran air di Kemang Utara. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pekot) Jakarta Selatan mengatakan pemilik kafe di atas saluran air di Kemang Utara bakal membongkar bangunan sendiri. Keputusan ini dibuat usai Pemkot Jaksel melayangkan surat pemberitahuan pembongkaran beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah bersedia (bongkar sendiri)," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin saat dihubungi, Minggu (21/11/2021).

Munjirin mengatakan pembongkaran akan dilakukan dalam waktu dekat. Pemilik bakal berbenah dan membereskan barang di dalam bangunan.

"Insyaallah dalam minggu ini akan melakukan pembongkaran sendiri," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan (Jaksel) segera melayangkan surat pemberitahuan pembongkaran terkait bangunan kafe yang berada di atas saluran air di Kemang Utara, Jaksel. Surat pembongkaran tersebut rencananya dikirim sore ini.

"Nanti (sore) saya akan keluar surat pemberitahuan kepada pemilik untuk membongkar," ujar Munjirin kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Mujirin menyebutkan pihaknya memberikan waktu kepada pemilik kafe untuk melakukan pembongkaran secara mandiri. Pemkot Jaksel juga menyatakan siap membantu jika pemilik kafe membutuhkan dalam proses pembongkaran.

Bangunan kafe yang berada di atas saluran air itu diduga menjadi pemicu banjir di kawasan itu. Lurah Bangka Firdaus Aulawy Rois mengatakan, selain kafe tersebut, ada beberapa bangunan lain yang berdiri di atas saluran air.

"Ada bangunan di atas saluran air benar. Ada lima bangunan kemudian yang terisi satu dan sekarang difungsikan sebagai kafe benar," kata Firdaus saat dimintai konfirmasi, Selasa (16/11/2021).

Simak juga 'Saat Hujan Deras Guyur Jakarta, Kawasan Kemang Utara Terendam Banjir':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/dhn)