Penyerang Polsek Sugapa Papua KKB Undinus Kogoya

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 17:11 WIB
Ilustrasi penembakan
Ilustrasi (Basith Subastian/detikcom)
Papua -

Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang Mapolsek Sugapa, Intan Jaya, Papua, pada Kamis (18/11). Satgas Operasi Nemangkawi menduga para pelaku berasal dari kelompok KKB pimpinan Undinus Kogoya.

"Kalau yang sekarang di Intan Jaya ya kelompok Undinus Kogoya," ujar Kasatgas Operasi Nemangkawi Brigjen Ramdani Hidayat saat dimintai konfirmasi, Sabtu (20/11/2021).

Ramdani mengungkapkan para pelaku yang menembaki Polsek Sugapa belum tertangkap. Pasalnya, mereka langsung melarikan diri setelah melakukan penembakan.

Diketahui, setelah mereka melakukan penembakan, alat drone Satgas Nemangkawi sempat memantau ada lima terduga pelaku penembakan yang sedang membawa tiga senjata api.

"Belum tertangkap karena, selesai menembak polsek, langsung lari," katanya.

Sebelumnya, TNI-Polri terlibat kontak tembak dengan teroris KKB di Polsek Sugapa, Intan Jaya, Papua. Penyerangan ke Polsek Sugapa oleh KKB itu terjadi Kamis (18/11) pagi.

"Terjadi kontak tembak TNI-Polri dengan KKB. Pada hari Kamis kemarin pukul 07.52 WIT, telah terjadi penembakan ke arah Polsek Sugapa oleh KKB," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di kantornya, Jaksel, Jumat (19/11).

Ramadhan menyebut KKB menembaki aparat dari tower Telkomsel yang ada di sekitar Mapolsek Sugapa. Mereka menembak sebanyak empat kali dan mengenai sejumlah bangunan.

Kemudian Ramadhan menyampaikan petugas langsung melakukan penyisiran dengan menggunakan drone. Dari pemantauan drone, terlihat lima anggota KKB membawa tiga senjata api yang sedang berkumpul di sebuah rumah di bawah tower Telkomsel.

"Kemudian, berdasarkan hasil penyisiran melalui peralatan drone, terlihat adanya lima orang membawa tiga pucuk senjata api laras panjang berjalan dan berkumpul di sekitar rumah hijau dekat honai di bawah tower Telkomsel," terang Ramadhan.

Petugas menangkap dua orang yang sedang berada di rumah tempat para anggota KKB sempat terpantau drone. Namun keduanya dinyatakan tak terlibat KKB.

"Tim melakukan pemeriksaan di rumah tersebut, dan mengamankan dua orang atas nama inisial OJ (20) dan NT (18)," ujar Ramadhan.

"Kedua orang yang diamankan adalah OJ dan NT, dilakukan tracing oleh Satgas Nemangkawi, tidak ada keterkaitan dengan KKB," sambungnya.

Lihat Video: Terpantau Drone, 5 Orang Teroris KKB Tembaki Polsek Sugapa di Papua

[Gambas:Video 20detik]



(drg/idh)