Gubernur Kalteng Beri Sembako-Obat ke Korban Banjir Palangka Raya

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 12:54 WIB
Gubernur Beri Bantuan Sembako-Obat ke Korban Banjir Palangka Raya
Foto: Pemprov Kalteng
Jakarta -

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menyambangi warga terdampak banjir di Pelabuhan Rambang, Kota Palangka Raya. Dia menyerahkan bantuan berupa bahan pokok beserta obat-obatan.

Dalam kunjungan pada Jumat (19/11) tersebut, Sugianto meyakinkan pihaknya bersama pemerintah kota maupun kabupaten akan terus bersinergi dalam penanganan banjir dan dampaknya.

"Tidak ada kata tidak siap bagi pemerintah di setiap jenjang dan kewenangannya untuk menangani bencana. Pemerintah harus hadir di tengah rakyatnya. Dan itu adalah kewajiban sebagai pelayan yang sesungguhnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/11/2021).

Diketahui sebelumnya, Sugianto telah meninjau lokasi banjir di Jalan Mendawai kompleks Pasar Kahayan. Saat menyambangi warga di tenda pengungsian, ia juga memberikan bantuan serta dukungan semangat kepada warga terdampak banjir. Ia pun meminta warga tetap bersabar dan terus berdoa agar banjir segera surut.

"Langkah jangka pendek pemerintah adalah penanganan dampak banjir yakni dengan memberikan bantuan bahan pokok bagi warga terdampak, serta menyediakan tempat pengungsian sementara dan dapur umum serta bantuan mendasar yang dibutuhkan. Namun jangka panjang, harus ada upaya komprehensif pengkajian akar permasalahan penyebab banjir selain disebabkan curah hujan," tuturnya.

Berdasarkan data dari BPBPK, per tanggal 18 November 2021 terdapat 301 jiwa yang menjadi korban banjir di Pelabuhan Rambang dan sekitarnya. Sementara di posko Jalan Mendawai Induk terdapat 61 jiwa yang terdampak banjir, dengan rincian 28 korban banjir di Jalan Mendawai Komplek Sosial Masjid Silahul Mumin, 148 korban banjir di Jalan Mendawai Komplek Sosial RT 5, Jl. Pelatuk 2 terdapat 106 jiwa, Jl. Pelatuk 4 terdapat 94 jiwa dan pasar kahayan terdapat 1.090 jiwa. Adapun total keseluruhan pengungsi yang tersebar di seluruh Kota Palangka Raya sampai saat ini 3.408 jiwa.

"Kami kemarin sudah turun jam satu malam, kami mengecek langsung keadaan pengungsi, melihat ibu hamil, anak-anak, warga yang sakit, banyak sekali warga yang sakit. Ini mendesak harus segera kita tangani," terangnya.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut pun mendorong pihak rumah sakit untuk segera memberikan penanganan bagi masyarakat yang sakit. "Saya menginstruksikan kepada pihak kesehatan yakni rumah sakit, agar masyarakat yang sakit segera ditangani, dibawa ke rumah sakit dan kalau dibutuhkan untuk dirujuk ke luar dari Provinsi Kalteng misalnya ke Jakarta, segera dirujuk, ini akan ditanggung oleh pemerintah," pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam peninjauan diantaranya Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. Nuryakin serta pihak terkait lainnya.

(fhs/ega)