Gaji Petani Sawit di Riau Akhirnya Cair Usai 3 Bulan Tak Diupah-Ngadu ke KSP

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 22:40 WIB
Petani sawit di Riau saat curhat ke KSP
Petani sawit di Riau saat curhat ke Kantor Staf Kepresidenan. (Raja/detikcom)

Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa menjelaskan bahwa perusahaan memutuskan untuk menalangi gaji pekerja setelah melihat puluhan pekerja tak dapat upah. Bahkan dalam kondisi COVID-19 mulai kesulitan.

"Kami sangat prihatin atas keterlambatan pembayaran gaji tersebut. Baik petani maupun pekerja adalah mitra kami. Untuk itu, dalam situasi buntu ini, kami berinisiatif bantu gaji pekerja lewat dana talangan," kata Jatmiko.

Dia menjelaskan, data para pekerja bersama besaran gajinya didapat dari pengurus Kopsa-M yang bersumber dari pekerja itu sendiri. Selanjutnya, bantuan talangan ini nantinya akan dikembalikan oleh Koperasi ke perusahaan pada saat dana di rekening bersama sudah bisa dicairkan.

"Tidak ada bunga atau beban tambahan apa pun dalam talangan gaji ini. Tujuan kita cuma satu, memudahkan dan memberikan hak petani dan pekerja," tutup Jatmiko.

Sebelumnya, para pekerja juga mengadu ke Kantor Staf Kepresidenan (KSP) saat ada perwakilan, Kepala Deputi II KSP Abetnego Tarigan 12 November lalu. Saat itu Tarigan memastikan akan mencarikan solusi untuk persoalan tersebut.


(ras/aud)