Menaker Minta Pemprov Sulut Dukung Program Perluasan Kesempatan Kerja

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 22:13 WIB
Menaker di Sulut
Foto: Kemnker
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara untuk terus mendukung bantuan program perluasan kesempatan kerja dari Kemenker. Sebab ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi pandemi dalam bidang ketenagakerjaan.

"Intervensi Kemenaker melalui program-program perluasan kesempatan kerja di wilayah Sulut sudah dan sedang kami lakukan," tutur Ida dalam keterangan tertulis, Jumat (19/11/2021).

Hal itu diungkapkannya saat mendampingi Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, dalam peresmian Pembukaan Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi VI Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Indonesia Tahun 2021, Manado.

Ida menyebut pihaknya telah melaksanakan Program Tenaga Kerja Mandiri Pemula di Provinsi Sulawesi Utara, yang hingga sampai dengan saat ini telah dilaksanakan di 20 Kabupaten/Kota. Antara lain di Bolaang Mongondow Utara dan Selatan, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kota Manado, Kota Tomohon, Minahasa Utara dan Selatan, Sangihe, Sitaro, serta Talaud.

"Nantinya untuk tahun 2021 ini, akan kami targetkan jumlah penerima di provinsi Sulawesi Utara ini yaitu sekitar 1.800 orang," jelasnya.

Ia berharap melalui berbagai bantuan dari pemerintah, masyarakat terdampak pandemi COVID-19 akan terbantu untuk menghadapi masa-masa sulit.

"Sektor ketenagakerjaan menjadi sektor yang paling terdampak dengan adanya pandemi COVID-19 ini. Banyak industri yang terpaksa harus membatasi produksinya, bahkan tidak sedikit yang harus gulung tikar," ujar Menaker Ida.

Lebih lanjut Ida mengatakan pengentasan kemiskinan merupakan program prioritas pemerintah, baik pusat maupun daerah. Dengan demikian, berbagai upaya pun dilakukan untuk menyukseskan program tersebut yang salah satunya adalah melakukan pendampingan dalam adanya program Tenaga Kerja Mandiri tersebut.

(ncm/ega)