Yayasan PKP Diketuai Ayah Wagub DKI Riza Patria, Bukan Milik Keluarga

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 09:21 WIB
Jakarta Zona Hijau Corona Kata Wagub, Ini Data Corona Terbaru
Ahmad Riza Patria (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan penjelasan soal Yayasan Pondok Karya Pembangunan (PKP) yang mendapat alokasi dana hibah senilai Rp 486 juta. Dapat dipastikan, Yayasan PKP tersebut bukan milik keluarga.

"Yth Ibu Bapak kami di @detikcom, mohon maaf, ini tidak benar.Yayasan Pondok Karya Pembangunan (YPKP) bukan Yayasan milik keluarga Ariza Patria, bukan Yayasan Abah saya. YPKP berdiri th 1976. Pada 8 April 1976 Gub DKI Jakarta H. Ali Sadikin meresmikan Kampus PKP di Jakarta Timur," tulis Riza di akun Twitter-nya seperti dilihat detikcom, Jumat (19/11/2021). Riza menanggapi cuitan di akun detikcom tentang berita Pemprov DKI Alokasikan Dana Hibah Rp 486 juta untuk Yayasan Dikelola Ayah Wagub Riza.

Redaksi mengakui ada kesalahan di penulisan kalimat yang ada dalam akun @detikcom, seperti yang disampaikan oleh Riza. Yayasan PKP tersebut dikelola oleh ayah Riza Patria dalam beberapa tahun terakhir, namun bukan milik keluarga. Redaksi detikcom meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada Riza Patria terkait kekeliruan ini.

Kembali ke penjelasan Riza. Dia menerangkan mengenai awal mula pendirian Yayasan PKP. Itu bermula dari penyelenggaraan MTQ Nasional 1972.

"Berdirinya YPKP bermula dari momentum suksesnya pelaksanaan MTQ Nasional tahun 1972. Kemudian muncul gagasan untuk mendirikan lembaga pendidikan seperti madrasah yang lebih berkualitas di Jakarta," ujar Riza.

"Selain Pemprov DKI Jakarta, terlibat juga adalah Ditjen BIMAS Depag, Koordinator Dakwah Islam (KODI) DKI Jakarta, Panitia Nasional MTQ Nasional ke-V Tahun 1972 dan stake holder lainnya," sambung Riza.

Riza juga mengungkap sejumlah penggagas dan pendiri Yayasan PKP. Mantan Gubernur DKI Ali Sadikin disebut mendukung penuh gagasan pengembangan pendidikan madrasah.

"Penggagas dan pendirinya: Letjend TNI (Purn) H. Soedirman, Laksamana Muda TNI (Purn) Dr. Muh. Sukmadi, Drs. H. Kafrawi Ridwan, MA, Drs. H. AM. Fatwa, Gub DKI Jakarta H. Ali Sadikin yg mendukung penuh ide meningkatkan derajat dan mutu pendidikan madrasah setara pendidikan umum," ujar Riza.

Penjelasan Riza di Balai Kota

Riza juga sebelumnya sudah buka suara terkait alokasi dana hibah untuk Yayasan PKP di Jakarta Timur senilai Rp 486 juta. Diketahui, yayasan ini diketuai oleh KH Amidhan Shaberah yang tak lain adalah ayah orang nomor 2 di DKI itu.

Riza awalnya menjelaskan yayasan itu didirikan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 1976. Jadi, dia menegaskan aset di yayasan PKP sepenuhnya milik Pemprov DKI Jakarta.

"Jadi PKP ini bukan yayasan pribadi, bukan yayasan keluarga. dulu PKP ini didirikan oleh Kementerian Agama dan Gubernur DKI, Bang Ali Sadikin. Sampai saat ini aset daripada PKP milik Pemprov," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (18/11).

Tonton video 'Wagub Riza Jelaskan Dana Hibah DKI Rp 486 Juta Untuk Yayasan Ayahnya':

[Gambas:Video 20detik]



Penjelasan selengkapnya di halaman berikutnya.