Yayasan PKP Diketuai Ayah Wagub DKI Riza Patria, Bukan Milik Keluarga

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 09:21 WIB
Jakarta Zona Hijau Corona Kata Wagub, Ini Data Corona Terbaru
Ahmad Riza Patria (Foto: Rifkianto Nugroho)

Riza berujar saat itu Ali Sadikin menyoroti pendidikan di dalam sekolah Islam. Ali, sebutnya, meminta agar sekolah Islam tak hanya dijadikan ruang belajar mengaji, melainkan untuk belajar ilmu pengetahuan umum.

"Sehingga dibuatlah sekolah, yayasan PKP itu dengan tujuan agar anak-anak kita mendapatkan pengetahuan agama yang baik juga pengetahuan umum yang baik. Itu tujuannya," jelasnya.

Seiring berjalannya waktu, yayasan PKP semaki berkembang dan terdiri dari sekolah tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Jumlah siswa saat ini mencapai 2.200 orang.

Soal KH Amidhan Shaberah yang mengelola yayasan, Riza menegaskan ayahnya baru menjabat ketua yayasan 5 tahun terakhir.

"Ayah saya baru 5 tahun lalu jadi ketua menggantikan Pak AM Fatwa yang meninggal," tegasnya.

Riza memastikan alokasi anggaran Rp 486 juta itu diperuntukkan buat subsidi dana konsumsi santri di yayasan PKP.

"Jadi dana hibah Rp 486 juta bukan untuk yayasan. Dana ini adalah biaya untuk makan siswa atau santri sesuai dengan keinginan yayasan ingin menyiapkan pesantren bagi santri yatim-piatu dan kaum duafa," imbuhnya.

Riza juga menjelaskan yayasan ini milik Pemprov DKI Jakarta dan dibangun sejak era Gubernur Ali Sadikin. Bahkan, gubernur setelahnya memiliki peran penting dalam kemajuan yayasan PKP.

"Kegiatan bantuan untuk PKP Zaman Bang Ali sudah disiapkan lahannya bangunannya, zaman Bang Yos dan Foke juga dibantu penataan dan pembangunan. Zaman Ahok juga dibantu, ada GOR di sana, itu yang bangun Pak Ahok. Asrama juga dibangun era Ahok. Zaman Pak Anies juga diresmikan asrama dan sekarang tinggal bagaimana mempersiapkan bantuan," imbuhnya.


(knv/fjp)