Saksi Ungkap Tanah di Munjul DKI Dibayar 50% Padahal Jual-Beli Belum Tuntas

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 16:07 WIB
Suasana Sidang (Zunita-detikcom)
Suasana Sidang (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Mantan Manajer Operasional PT Adonara Propertindo, Anton Adisaputro, menyebut PD Sarana Jaya sudah membayar uang muka untuk lahan Munjul ke pemilik PT Adonara, Anja Runtuwene, padahal tanah itu belum dikuasai Anja dan masih atas nama Kongregasi Suster. Seperti apa?

Hal itu diungkapkan Anton saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Kamis (18/11/2021). Anton awalnya ditanya tentang akta jual-beli tanah Munjul, apakah sudah atas nama PT Adonara atau belum, menurut Anton, tanah itu hingga saat ini masih kepemilikan kongregasi suster karena dia tidak pernah melihat akta jual-beli tanah Munjul.

"Saya belum pernah lihat akta jual-beli," kata Anton.

Anton mengakui PT Adonara sempat memberikan uang muka atau down payment (DP) ke pihak kongregasi suster sekitar Rp 10 miliar. Namun, pembayaran itu belum selesai.

"Saudara sebut pihak PT Adonara dan Sarana Jaya lakukan negoisasi ada di angka Rp 5,2 juta per meter dengan pembayaran 50 persen pertama, dan 50 persen kedua. Apakah saudara tahu PPJB antara Sarana Jaya sama Adonara?" tanya jaksa KPK.

"Tahu, tanggalnya saya lupa cuma setelah ada negosiasi langsung ada perikatan di kantor PPSJ dengan notaris Yuriska," kata Anton.

Anton pun mengetahui Sarana Jaya dan Adonara sepakat membeli tanah Munjul seluas 4,2 hektare itu senilai Rp 200 miliar. Dia pun mengatakan Sarana Jaya sudah membayar sebagian, meski perjanjian jual-beli antara Adonara dan kongregasi suster belum selesai.

Berikut rincian pembayaran Sarana Jaya yang diungkap jaksa dalam BAP Anton. BAP ini juga dibenarkan Anton.

BAP: Saya tidak tahu detail atau pembayaran Sarana Jaya dalam transaksi tanah Munjul, namun berdasarkan foto copy buku Bank DKI atas nama Anja Runtuwene yang pernah saya lihat, bahwa terdapat 2 kali pembayaran sbb:
A. 8 April 2019 Anja Runtuwene menerima dari Sarana Jaya, ditransfer 25 kali dengan total Rp 108,9 miliar.
B. 18 Desember 2019 Saudari Anja menerima pembayaran Rp 21,798 miliar yang di transfer 2 kali ke rekening Bank DKI atas nama Anja Runtuwene, sehingga tahap kedua masuk uang Rp 43,4 miliar dari Sarana Jaya ke rekening Anja.