PDIP Tunggu Aba-aba Puan Umumkan Ganti Ketua Komisi III Herman Hery

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 15:03 WIB
Puan Maharani
Puan Maharani (Foto: dok. DPR RI)
Jakarta -

Fraksi PDIP DPR RI merotasi Bambang Wuryanto menjadi Ketua Komisi III, sedangkan Herman Hery digeser ke Komisi VII. PDIP menunggu aba-aba Ketua DPR RI Puan Maharani untuk mengumumkan secara resmi rotasi tersebut.

"Saya tunggu aba-aba dari Ketua DPR RI. Cuma karena belum diaba-aba, saya belum bisa mengumumkan. Apakah beliau yang umumkan apa saya, saya belum tahu," kata Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Soal menunggu aba-aba Puan, Utut menjelaskan bahwa itu merupakan fatsun politik. Puan Maharani merupakan pembina Fraksi PDIP DPR RI.

"Fatsunnya begitu, karena beliau pembina. Beliau kan pimpinan fraksi. Tapi kalau dia menugaskan orang tertentu mengumumkan bisa saja," ujarnya.

Utut mengakui bahwa fraksinya jarang melakukan rotasi tingkat pimpinan alat kelengkapan dewan atau AKD. Namun, Utut mengatakan anggota Fraksi PDIP harus siap dan ikhlas dengan rotasi jabatan.

"PDIP termasuk yang memang jarang melakukan itu. Tetapi setiap saat, orang kayak Pak Utut ini setiap saat bisa dan siap diganti," kata Utut.

"Tingkat pimpinan seperti saya ini, pimpinan seperti Pak Herman Hery itu sudah siap, bukan hanya ikhlas, siap setiap saat diganti," tegasnya.

Herman Hery Loyal ke Megawati

Anggota Fraksi PDIP DPR RI, Herman Hery, sebelumnya dipindahkan oleh fraksinya dari Ketua Komisi III menjadi anggota Komisi VII. Herman Hery memegang prinsip loyal terhadap Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Pengabdian sepenuh hati. Komitmen itu yang selalu saya pegang teguh sejak pertama kali memutuskan bergabung dengan PDI Perjuangan berpuluh-puluh tahun lalu," kata Herman Hery di akun Instagram-nya, Kamis (18/11).

Legislator daerah pemilihan (dapil) NTT ini loyal kepada Megawati sebagai pimpinan PDIP. Ibarat seorang prajurit, Herman Hery akan memenangkan pertempuran yang diperintahkan Megawati.

"Sebagai petugas partai, prinsip saya cuma satu, yakni memenangkan pertempuran di medan perang manapun saya ditempatkan oleh Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan pimpinan partai yang saya cintai ini," ujarnya.

Simak Video: Ketua Komisi III DPR Herman Hery Digeser Jadi Anggota di Komisi VII

[Gambas:Video 20detik]




(rfs/gbr)