PDIP soal Rotasi Bambang Pacul-Herman Hery: Anggota Harus Siap dan Ikhlas

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 14:28 WIB
Utut Adianto (Rahel Narda Chaterine/deticom).
Utut Adianto (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Fraksi PDIP DPR RI melakukan rotasi di tingkat alat kelengkapan Dewan (AKD) antara Herman Hery dan Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. Pimpinan Fraksi PDIP menyebut anggota fraksi harus siap dan ikhlas mendapat perintah rotasi dadakan.

"Kalau tiba-tiba, kan di DPR pergantian selalu tiba-tiba," kata Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto saat berbincang dengan wartawan, Kamis (18/11/2021).

"Pak Utut, nanti setiap saat diganti ketua fraksi, ya bisa. Nggak usah terlalu dipikirin kejauhan," imbuhnya.

Menurut Utut, anggota DPR RI memang beda dengan menteri di kabinet. Jika menteri di kabinet dianggap tidak memenuhi harapan Presiden, perombakan dilakukan.

Sedangkan anggota DPR, seperti Bambang Pacul dan Herman Hery, menurut Utut, hal perombakan bisa dilakukan secara mendadak atau tiba-tiba.

"Kalau ini nggak, tentu ada pertimbangan tertentu. Tour of duty itu setiap saat dijalani," ujarnya.

Utut mengakui Fraksi PDIP tak sering melakukan perombakan pimpinan komisi. Namun anggota Fraksi PDIP, menurut Utut, harus siap diganti.

"PDIP termasuk yang memang jarang melakukan itu. Tetapi setiap saat, orang kayak Pak Utut ini, setiap saat bisa dan siap diganti," kata grandmaster catur ini.

Pergeseran komisi hingga perombakan pimpinan komisi di DPR seperti Bambang Pacul dan Herman Hery, menurut Utut, hal lumrah. Oleh sebab itu, baik pimpinan maupun anggota pun harus siap dan ikhlas.

"Tingkat pimpinan seperti saya ini, pimpinan seperti Pak Herman Hery, itu sudah siap, bukan hanya ikhlas, siap setiap saat diganti," sebut Utut.

"Ya kan saya kasih contoh, orang kayak Pak Utut, nyontohin orang lain susah, Pak Utut berhenti sebagai anggota di sana, ya siap," imbuhnya.

Bambang Pacul sebelumnya ditunjuk fraksinya menjadi Ketua Komisi III DPR RI. Apa kata Bambang Pacul?

"Belum ada perintah, Kawan," kata Bambang Pacul kepada wartawan saat diberi ucapan selamat atas jabatan baru yang diemban, Kamis (18/11).

Bambang Pacul saat ini masih menjabat Wakil Ketua Komisi VII DPR RI. Selain itu, Bambang Pacul menjabat Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI.

"Apa pun, terima kasih," ucap Pacul diberi selamat.

(rfs/gbr)