Teka-teki Pangkostrad Pengganti Dudung Abdurachman

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 07:59 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara di peringatan HUT ke-70 TNI. Dalam amanatnya, dia berjanji akan meningkatkan alutsista TNI, serta kesejahteraan prajurit.
Ilustrasi prajurit TNI (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pelantikan Jenderal Abdurachman menjadi KSAD menyisakan teka-teki soal sosok penggantinya di posisi Pangkostrad. Dua nama menguat, yaitu Mayjen Maruli Simanjuntak dan Mayjen Agus Subiyanto.

Dudung Bakal Lapor Jokowi dan Panglima TNI

Jenderal Dudung mengatakan sampai saat ini belum ada keputusan mengenai sosok penggantinya. Hal itu disampaikan saat menjawab pertanyaan wartawan setelah pelantikan di Istana, Rabu (17/11/2021).

"Penggantinya sampai sekarang belum," ujar Dudung.

Dudung berencana akan melaporkan mengenai kekosongan posisi Pangkostrad itu kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Hal itu juga akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Nanti akan kami laporkan kepada Panglima TNI dan nanti akan dilaporkan kepada Bapak Presiden," ujar Dudung.

Saat ditanya soal posisi Pangkostrad bakal dijabat oleh Mayjen Maruli Simanjuntak, Dudung kembali menegaskan belum ada keputusan.

"Belum tahu sampai sekarang," ujar Dudung.

Andika Bicara soal Pangkostrad Baru

Pernyataan senada disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Andika bakal melaporkan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal Pangkostrad pengganti Jenderal Dudung Abdurachman.

"Saya akan lapor kepada Presiden karena ini hubungannya dengan Wanjakti, jadi pengisian jabatan itu kan mekanismenya melalui sidang Wanjakti," kata Andika kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Andika mengatakan hanya menyiapkan data. Presiden Jokowi-lah yang akan memutuskan.

"Pokoknya saya bertugas hanya menyiapkan data, memohon petunjuk. Beliau silakan memilih sesuai dengan yang memang sudah eligible," ujar Andika.

"Banyak, yang eligible sudah banyaklah," jawab Andika saat ditanya lagi soal kandidat Pangkostrad.

Saat ditanya soal Mayjen Maruli Simanjuntak yang diisukan akan menjadi Pangkostrad, Andika tak menjawab gamblang. Dia kembali menegaskan keputusan tersebut berada di tangan Presiden.

"Itu nanti diputuskan oleh beliau. Kami tugasnya hanya menyiapkan data, kemudian melaporkan kepada Presiden," ujar Andika.