Hilang Misterius, Penjual Bakso di Samarinda Ngaku Dibawa Sosok Orang Tua

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 02:30 WIB
Samarinda -

Penjual bakso keliling, Daryanto alias Anto (39) akhirnya ditemukan setelah dikabarkan hilang selama dua hari sejak Senin (14/11/2021). Selama hilang, Anto mengaku mengikuti seorang laki-laki tua yang sebelumnya memesan 3 bakso kepada Anto.

"Orang tua itu minta bikinkan bakso, tapi belum selesai saya racik dia suruh saya ikuti dia, saya datangi dia, dan tinggalkan rombong saya," kata Darianto saat ditemui di Polsek Sungai Kunjang, Rabu (17/11/2021) malam.

Selama mengikuti kakek dengan berjalan kaki, Anto mengaku tidak pernah meninggalkan jalan Ring Road. Selama berjalan, orang tua tersebut memberikan wejangan kepada Anto untuk selalu bersedekah.

"Pokonya orang tua itu ajak saya untuk jalan, katanya udah nggak perlu bawah apa-apa, kita jalan aja. Dia suruh saya selalu sedekah," kata Anto.

Anto pun mengaku tak makan dan minum selama berjalan kaki bersama kakek tersebut.

"Selama kami dua hari jalan itu nggak ada rasa lapar, nggak ada rasa capek, nggak makan dan minum. Pokoknya jalan terus di ring road situ aja," terangnya.

Usai sadar Anto mengaku telah berada di bawah pohon. Dia lantas berusaha menghubungi istrinya dan salah seorang rekannya.

"Saya di sana (di bawah pohon) nunggu di jemput teman sampai tertidur," bebernya.

Tak lama warga yang mengetahui Anto merupakan tukang bakso viral lantaran hilang, kemudian menghubungi pihak kepolisian. Sekitar pukul 17.00 WIB anggota Polsek Sungai Kunjang yang mendapatkan laporan tersebut, mendatangi lokasi Anto ditemukan.

"Saat kami datangi kondisinya seperti orang linglung, kami langsung bawa ke rumah sakit untuk memeriksa kondisinya, dan selanjutnya kami bawa ke Polsek," jelas Kanit Reskrim Polsek Sungai Kunjang, Ipda Roni Wibowo.

Sesampainya di Polsek, polisi kemudian memberikan Anto makan, dan menyuruhnya beristirahat sejenak.

"Awalnya kita ajak ngomong belum nyambung, tapi waktu kita kasih makan, sedikit-sedikit sudah bisa di ajak berkomunikasi," ucap Roni.

Usai dimintai keterangan, Anto pun dipertemukan oleh sang istri dan selanjutnya di bawa pulang.

(eva/eva)