PPKM Level 1, Pemprov DKI Tambah Durasi Jam Pelajaran Sekolah Tatap Muka

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 20:31 WIB
Sekitar 3.050 sekolah di Jakarta bersiap untuk gelar sekolah tatap muka secara terbatas. Hal itu dilakukan seiring dengan pemberlakuan PPKM level 2 di ibu kota.
Suasana sekolah tatap muka di Jakarta. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menambah durasi jam pelajaran pada sekolah yang menjalani tatap muka. Penambahan durasi belajar ini diberlakukan sejak PPKM level 1.

Perubahan durasi belajar tatap muka tertuang dalam Surat Keputusan (SK) kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 1139 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Satuan Pendidikan di masa Pandemi COVID-19. Masing-masing jenjang pendidikan menambah durasi belajar selama 1-2 jam.

"Yang tadinya 5 jam untuk SMA jadi 7 jam, tambah 2 jam. SMP yang 4 jam jadi 6 jam, SD yang 3 jam jadi 5 jam, PAUD dari 2 jam jadi 3 jam," kata Kasubag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah, saat dikonfirmasi, Rabu (17/11/2021).

Meskipun waktu belajar ditambah, Taga mengatakan jadwal PTM tetap digelar selama 3 hari, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat. Adapun sistem pembelajaran yang diterapkan adalah blended learning.

"Bentuknya itu bisa PTM, PTM di kelas, PTM pembelajaran jarak jauh (PJJ) online dengan e-learning, kemudian dengan aplikasi daring, modul, ini semua bisa dilakukan," jelasnya.

Taga menjelaskan saat ini 10 ribu sekolah telah dibuka dan menggelar PTM. Pembukaan sekolah dilakukan secara bertahap melalui proses pelatihan atau asesmen ketat.

"Jadi ada 10.429 sekolah yang (gelar) pembelajaran tatap muka per 10 November kemarin," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, PPKM Jakarta level 1 kembali diperpanjang hingga 29 November 2021. Aturan terbaru ini tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Perpanjangan PPKM Jakarta kembali diterapkan pada 16-29 November 2021. Hal ini diberlakukan dalam upaya menurunkan laju COVID-19. Setelah 29 November 2021, pemerintah akan memberikan pengumuman berikutnya soal nasib PPKM.

Seluruh DKI Jakarta masih berada di PPKM level 1. Wilayahnya mencakup Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat.

(taa/eva)