detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Before-After Pembersihan Waduk Pluit

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 19:31 WIB
Masalah sampah dan eceng gondok di Waduk Pluit, tuntas. (Repro: Denny Putra/Tim Infografis detikcom)
Masalah sampah dan eceng gondok di Waduk Pluit, tuntas. (Repro: Denny Putra/Tim Infografis detikcom)
Jakarta -

Waduk Pluit bagian selatan sempat dikeluhkan warga karena kondisinya jorok. Kini, pembersihan sudah selesai dilakukan. Begini perbandingan kondisi Waduk Pluit, sebelum dan sesudah pembersihan.

Awalnya, detikcom Do Your Magic mendapatkan laporan dari warga bernama Jumadi Suroso. Lewat PasangMata detikcom, Jumadi melihat banyak sampah dan eceng gondok di Waduk Pluit sisi selatan pada 26 Oktober lalu.

Pada 28 Oktober, para petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta membersihkan waduk Pluit. Ternyata, mereka memang sudah melakukan upaya pembersihan selama sepekan tapi belum selesai pada saat itu.

Pembersihan Waduk Pluit (Dok Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta)Pembersihan Waduk Pluit (Dok Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta)
Ekskavator keruk sampah Waduk Pluit, 28 Oktober 2021, siang. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Ekskavator keruk sampah Waduk Pluit, 28 Oktober 2021, siang. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Waduk Pluit masih terlihat kotor pada saat itu. Sampah dan eceng gondong masih mengambang di badan waduk. Meski demikian, ekskavator dan alat berat lainnya terus mengangkut sampah, membawanya dari waduk ke Bantar Gebang.

Pada 5 November, ternyata Waduk Pluit belum juga bersih. Sampah dan eceng gondok masih ada.

Pada 17 November, Waduk Pluit bagian selatan sudah terlihat bersih. Berikut adalah perbandingan sebelum (before) dan sesudah (after) pembersihan Waduk Pluit: