Jokowi: Daerah Kasus Coronanya Naik Meski Sedikit, Diberi Peringatan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 16:55 WIB
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan arahan di bidang kesehatan saat membuka sidang kabinet paripurna. Jokowi meminta semua pihak fokus menurunkan kasus Corona.

"Agar kita semuanya fokus kepada penurunan kasus harian dan kasus aktif. Kita tahu kasus aktif kita sudah berada di bawah 9 ribu, dan juga penambahan kasus di angka angka antara 300-400 kasus hariannya," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Jokowi meminta kenaikan kasus Corona sekecil apa pun agar diperhatikan. Dia lantas membandingkan kenaikan kasus Corona di sejumlah negara.

"Dan lebih fokus lagi agar dilihat provinsi-provinsi, kabupaten dan kota yang mengalami kenaikan meskipun sedikit agar diberikan perhatian. Karena kita tahu sekarang di Amerika Serikat kasus harian juga naik lagi ke angka 70 ribu, Inggris juga 39 ribu, Rusia 38 ribu, Jerman 30 ribu," ujar Jokowi.

Jokowi meminta setiap daerah yang mengalami kenaikan kasus Corona agar diingatkan. Selain itu, Jokowi meminta ada bantuan kepada daerah-daerah tersebut.

"Nanti provinsi-provinsi yang naik meskipun hanya sedikit betul-betul diberi peringatan dan diberi bantuan agar kasusnya bisa turun kembali. Kabupaten dan kota juga sama, dilihat secara detail karena kita datanya komplet semuanya, juga diberikan bantuan untuk menekan agar kasusnya menjadi lebih turun," ujar Jokowi. (knv/fjp)