Kepala BNPB Baru Dilantik Jokowi, Berikut Sosok Mayjen Suharyanto

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 14:27 WIB
Jakarta -

Kepala BNPB baru dilantik pada hari ini. Selain melantik Kepala BNPB yang baru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI dan Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman menjadi KSAD.

Pelantikan tersebut dilaksanakan hari ini Rabu 17 November 2021. Pelantikan akan digelar di Istana Kepresidenan Jakarta siang hari ini.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono sudah mengungkapkan mengenai agenda pelantikan Kepala BNPB baru ini. Berdasarkan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi diagendakan melantik Kepala BNPB baru, yaitu Mayjen Suharyanto.

"Presiden juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala BNPB, dan 12 duta besar Republik Indonesia untuk negara sahabat. Pelantikan akan dilaksanakan Rabu, 17 November 2021 pukul 13.30 WIB di Istana Negara," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Simak informasi berikut ini mengenai Kepala BNPB baru yang akan dilantik Presiden Jokowi hari ini.

Kepala BNPB Baru: Sosok Mayjen Suharyanto

Saat ini Mayjen Suharyanto menjabat sebagai Pangdam Brawijaya di wilayah Jawa Timur. Mayjen Suharyanto menjabat sebagai Pangdam Brawijaya sejak tahun 2020.

Suharyanto lahir pada 8 September 1967. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

Berikut adalah perjalanan karir Suharyanto sebelum dilantik menjadi Kepala BNPB baru.

  1. Sebagai Kasdam Jaya pada tahun 2018 hingga 2019
  2. Sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilper) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI tahun 2019 hingga 2020.
  3. Sebagai Pangdam V/Brawijaya hingga saat ini.

Kepala BNPB Baru: Pernah Ditantang Jokowi Untuk Menghabiskan Vaksin COVID-19

Mayjen Suharyanto pernah ditantang Jokowi untuk menghabiskan vaksin COVID-19 jika dosis yang dikirim jumlahnya digandakan. Kejadian itu terjadi pada Sabtu (26/6), ketika Jokowi menyapa para pangdam di seluruh Indonesia secara virtual.

Saat itu, Jokowi meminta pangdam-pangdam di Indonesia membantu menggencarkan vaksinasi Corona di Tanah Air. Kemudian, Jokowi menyapa Pangdam V/Brawijaya Mayjen Suharyanto, ia ditantang untuk menghabiskan vaksin COVID-19 apabila jumahnya dinaikkan dua kali lipat.

"Pangdam, ini kan 209 ribu. Kalau saya siapkan vaksin 400 ribu, sanggup nggak menghabiskan?" tanya Jokowi kepada Pangdam Brawijaya, Sabtu (26/6/2021).

Tantangan Jokowi itu disanggupi Suharyanto. Dia siap menunggu kedatangan vaksin tambahan tersebut demi tercapainya target vaksinasi sebanyak 1 juta vaksin per hari.

"Sanggup, Bapak, siap. Kami menunggu tambahan vaksin untuk Jawa Timur. Kami akan laksanakan secepat mungkin sehingga target pemerintah 1 juta dan 2 juta vaksin segera bisa terealisasi," ujarnya.

Selain melantik Mayjen Suharyanto sebagai Kepala BNPB baru, Presiden Jokowi juga akan melantik sejumlah dubes. Berikut informasinya.