Biografi Dudung Abdurachman, Bakal Jadi KSAD Gantikan Andika Perkasa

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 11:09 WIB
Jakarta -

Biografi Dudung Abdurachman jadi informasi yang kini banyak dicari tahu. Hal ini terkait dengan bakal dilantiknya Dudung sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pelantikan itu dikabarkan akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Rabu (17/11/2021) bersamaan dengan dilantiknya Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Kabar pelantikan dua orang pejabat tersebut disampaikan Presiden Jokowi pasca meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi I ruas Serang-Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Selasa (16/11). Pelantikan bakal digelar di Istana Kepresidenan.

"Pelantikan Panglima insyaallah besok, hari Rabu," kata Jokowi.

Lalu bagaimana biografi Dudung Abdurachman yang akan dilantik sebagai KSAD hari ini? detikom merangkum ulasannya berikut ini.

Biografi Dudung Abdurachman: Pendidikan-Keluarga

Adapun Letjen Dudung Abdurachman bakal menggantikan posisi Jenderal Andika Perkasa sebagai KSAD. Berikut biografi soal pendidikan hingga keluarga:

NamaDudung Abdurachman
Tempat Tanggal LahirBandung, 19 November 1965

Riwayat Pendidikan

  • SD dan SMP di Kota Bandung (1972-1982)
  • SMA Negeri 9 Bandung (Lulus 1985)
  • Akademi Militer Magelang (Tahun 1988)

Ayah

Nasuha (PNS di Lingkungan Bakangdam III/Siliwangi)

IbuNasyati

Istri

Rahma Dudung Abdurachman

Biografi Dudung Abdurachman: Masa Kecil

Sejak kecil, Dudung bercita-cita sebagai tentara. Cita-citanya itu didukung oleh lingkungan tempat tinggalnya yang berada di lingkungan militer.

Ketika Dudung berada di bangku SMP kelas 2 pada 1981, ayahnya meninggal dunia. Sejak saat itu Dudung membantu ibunya dengan menjajakan kue di lingkungan Bekangdam III/Siliwangi di Bandung.

Salah satu momen yang tak terlupakan bagi Dudung adalah ketika dagangannya ditendang oleh salah seorang tentara. Momen itu menguatkan tekadnya untuk menjadi seorang perwira TNI hingga kini bakal dilantik sebagai KSAD.

Biografi Dudung Abdurachman juga dapat dilihat di halaman selanjutnya.