3 Warga Luka Lebak Imbas Empasan Angin Heli Presiden, Istana Beri Santunan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 14:07 WIB
Hempasan angin heli Jokowi bikin bangunan rusak dan 3 warga Lebak luka
Empasan angin heli Jokowi bikin bangunan rusak dan 3 warga Lebak luka (Tangkapan layar video)
Jakarta -

Tiga warga terluka terkena dahan pohon imbas empasan angin helikopter rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Banten. Pihak Istana Kepresidenan memberikan santunan untuk biaya pengobatan kepada tiga warga itu.

"Yang tiga korban lecet-lecet sudah kami berikan santunan biaya pengobatan," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

Heru pun meluruskan informasi yang berkembang di media sosial. Menurut dia, dahan pohon tersebut patah karena empasan angin.

"Bukan menyambar, tapi akibat angin dari baling-baling heli," ujar Heru.

Sebelumnya diberitakan, empasan angin dari helikopter Presiden Joko Widodo (Jokowi) waktu meresmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 di Rangkasbitung kemarin ternyata sempat membuat rusak kios warga di Stadion Ona. Rupanya hal itu disebabkan oleh dahan pohon yang patah kena empasan angin helikopter.

Ada warga yang kebetulan merekam saat heli presiden mendarat di stadion. Terlihat helikopter yang hendak mendarat dan menghempaskan ranting-ranting pohon.

Kepala BPBD Lebak Febby Rizky membenarkan bahwa ada kios dan warga yang tertimpa dahan pohon imbas empasan angin dari helikopter presiden. Ada 3 orang yang tertimpa dahan namun tidak terluka parah.

"Jadi begini, kan sudah diberi tahu pemda sudah antisipasi kedatangannya bukan heli kecil, tapi Super Puma. Kami sudah antisipasi kami bilang ke penghuni di lingkungan stadion untuk tutup dulu. Takutnya ada kejadian. Kita udah bilang, bupati sendiri yang langsung ke kios," kata Febby kepada detikcom, Lebak, Rabu (17/11/2021).

Tapi, karena mereka antusias, ada warga yang datang ke sekitar stadion. Termasuk pemilik kios di lokasi.

"Pas heli mendekat itu kejadian yang ada di video. Sorenya kita cek ada 3 orang kena dahan, sudah diobati," ujarnya.

(knv/fjp)