Curi Edelweis-Cantigi Ungu di Gunung Dempo, 6 Pendaki Ilegal Di-blacklist!

Prima Syahbana - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 13:30 WIB
Enam orang remaja dilarang 3 tahun mendaki Gunung Dempo karena mendaki secara ilegal hingga mencuri bunga edelweis dan kayu panjang umur. (dok Brigade)
Enam remaja dilarang selama 3 tahun mendaki Gunung Dempo karena mendaki secara ilegal hingga mencuri bunga edelweis dan kayu panjang umur. (Foto: dok. Brigade)
Palembang -

Enam remaja dilarang selama 3 tahun mendaki Gunung Dempo di Pagar Alam, Sumatera Selatan (Sumsel). Sanksi itu dijatuhkan karena mereka mendaki secara ilegal hingga mencuri tanaman dilindungi.

"Iya benar, mereka berenam itu kedapatan mencuri atau mengambil bunga edelweis sama kayu panjang umur (cantigi ungu)," kata Ketua Balai Registrasi Gunung Dempo (Brigade) Pagar Alam, Arindi, saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (17/11/2021).

"Dari awal, mereka pendaki ilegal itu sudah tidak diberi izin mendaki karena peralatan kurang lengkap. Kami hanya mengizinkan berkemah, itu pun hanya di Kampung IV," bebernya.

Keenam pendaki ilegal itu diperbolehkan berkemah di Kampung IV pada Sabtu (13/11). Namun keenam pendaki itu tak ditemukan petugas Brigade yang berpatroli ke Kampung IV.

Selanjutnya, petugas patroli melaporkan kejanggalan itu ke pos Brigade. Petugas memutuskan menunggu 1x24 jam sembari mencari informasi selanjutnya.

"Besoknya, Minggu (14/11), salah satu pendaki dari grup lain melakukan check out sampah. Mereka melaporkan ada enam pendaki ilegal tersebut yang melakukan pendakian tanpa SOP. Dari informasi itu, tim berjaga dan menunggu di pintu Tugu Rimau untuk memastikan enam pendaki tersebut turun melalui jalur tersebut," katanya.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.